Drainase  di Palangka Raya Perlu Dibenahi

Jalan Tumenggung Tilung salah satu wilayah yang terparah genangan airnya
Jalan Tumenggung Tilung salah satu wilayah yang terparah genangan airnya akibat meluapnya saluran drinase.(istimewa)

PALANGKA RAYA – Lagi-lagi beberapa ruas jalan utama tergenang air akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Palangka sejak Kamis malam hingga Jumat (20/5) siang. Ada beberapa ruas jalan yang terdampak sangat parah. Diantaranya Jalan Tumenggung Tiliung, Jalan Sethaji dan Jalan G.Obos Induk.

Genangan itu terjadi lantaran masih kurang maksimalnya sistem drainase yang ada dan banyaknya sampah di saluran drainase. Hal itu terlihat dengan banyaknya sampah yang mengambang di setiap genangan.

Bacaan Lainnya

“Melihat kondisi seperti ini tentunya pemerintah perlu melakukan pembenanhan dan perbaiakan  secara komprehensif. Salah satunya membenahi sistem drainase yang terintegrasi dengan saluran induk. Supaya sistem aliran air lebih bagus saat debid air meningkat,” Ucap Rendy salah satu warga Jalan Tumenggung Tilung yang selalu terdampak banjir.

Selain itu,lanjutnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan juga sangat perlu di perhatikan. Hal itu bisa dilakukan pemerintah dengan membuat imbauan atau sosialisasi agara masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama pada saluran drainase.

Baca Juga :  Tumbang Samba Terendam Banjir

“Karena memang sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya saluran drainase yang bagus dan optimal penggunaannya,” papar Redy yang juga salah satu pegawai Ombudsman tersebut.

Lurah Panarung Evi Kahyanti pun mengakui,  di wilayahnya ada beberapa titik-titik yang perlu adanya pembenahan drainase. Seperti di wilayah Jalan Jati dan Jalan Meranti. Wilayah tersebut selalu saja muncul genangan apabila hujan lebat melanda Kota Cantik itu.

Pos terkait