DUH!!! Patung Tjilik Riwut Ambruk Dihantam Angin Kencang, Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Patung Tjilik Riwut
ROBOH: Kondisi patung Tjilik Riwut yang roboh di area Bundaran Kantor Bupati Katingan, baru-baru ini. (HARI SOSILO/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, RadarSampit.com – Patung pahlawan nasional Tjilik Riwut yang dibangun di area Bundaran Kantor Bupati Katingan ambruk. Patung tersebut dibangun pada tahun 2008 silam.

”Dari informasi yang didapatkan, patung ini roboh saat tengah malam. Ketika hujan turun dan angin yang kencang,” kata Bupati Katingan Sakariyas, Senin (20/6).

Bacaan Lainnya

Sakariyas menuturkan, Tjilik Riwut merupakan pahlawan nasional putra daerah asli Katingan. Robohnya patung sebagai ikon daerah dengan julukan Bumi Penyang Hinje Simpei itu terjadi pada 19 Juni 2022. Penyebabnya, konstruksi patung mengalami penuaan dan usang.

”Patung ini dibuat dari konstruksi beso. Akibat usia yang cukup lama, patung keropos di bagian dalam,” katanya.

Sakariyas mengakui, konstruksi bagian dalam patung terbuat dari besi biasa. Dia juga memastikan ambruknya patung tidak ada hubungannya dengan oknum tertentu dan murni faktor usia patung.

”Pemerintah daerah akan melaksanakan renovasi atau perbaikan. Kami tentu tidak membiarkan ambruknya patung pahlawan ini hingga lama,” katanya.

Baca Juga :  Tangkap Pengurus Koperasi, PT WYKI Dituding Sengaja Pancing Emosi

Patung Tjilik Riwut diresmikan pada 2 Februari 2008. ”Keberadaan patung ini sebagai penghargaan kepada jasa pahlawan dari Kalimantan Tengah,” kata Sakariyas. (sos/ign)

Pos terkait