Festival Babukung Lamandau Masuk 100 Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2022

Festival Babukung Lamandau Masuk 100 Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2022
BABUKUNG:Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat menghadiri kegiatan Babukung menggunakan Topeng Luha pada upacara adat meninggalnya tokoh adat damang di Kecamatan Delang beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK – Seni budaya kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau, Festival Babukung kembali masuk agenda nasional. Pertunjukan tari topeng yang identik dengan upacara adat kematian masyarakat Dayak Tomun tersebut berhasil masuk 100 Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2022.

Diketahui bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno telah meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 pada 2 Maret 2022 lalu di Jakarta. Program tersebut merupakan upaya pemerintah guna membangkitkan kegiatan pariwisata di daerah.

Dari 319 usulan yang masuk ke Kemenparekraf dua event pariwisata di Kalimantan Tengah yakni Festival Budaya Isen Mulang Palangka Raya dan Festival Babukung Lamandau masuk 100 KEN 2022.

“Iya benar, Festival Babukung masuk KEN hasil kurasi tahun ini dan rencananya akan kita gelar pada 28 – 30 Nopember 2022,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Meigo, Senin (14/3)

Meigo menyampaikan apresiasi kepada Tim Penilai (Kurator) Kemenparekraf RI terhadap paparan Dispar Kabupaten  Lamandau. Sehingga Tahun 2022 ini menjadi tahun ke-7 penyelenggaraan Festival Babukung.

Baca Juga :  Sri Rejeki, Kepala TK Lestari Sarat Prestasi

“Dalam pelaksanaannya akan mengangkat tema bangkit bersama pariwisata, semoga ini menjadi momen kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Lamandau,” harapnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Lamandau agar tetap produktif dan semangat bangkit kembali setelah menghadapi kelumpuhan di banyak sektor, termasuk bidang pariwisata selama masa pandemi Covid-19. “Jangan lewatkan Festival Babukung tahun ini, salam pesona pariwisata, Pesona Nusantara,” pungkasnya. (mex/sla)

 

Pos terkait