George Russell Start Terdepan di F1 GP Kanada

Berburu Kemenangan Kedua Setelah GP Brasil 2022 di Autodrome Jose Carlos Pace

formula 1 gp
George Russell dari Inggris mengendarai (63) Mercedes AMG Petronas F1 Team W15 di trek saat kualifikasi jelang Grand Prix F1 Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve pada Sabtu (8/6/2024) di Montreal, Quebec. (ANTARA/Getty Images/AFP/Clive Rose)

Radarsampit.com – Pembalap Mercedes George Russell sabet pole position di Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Kanada 2024 di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, setelah ia menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Minggu WIB.

Russell yang mulai menemukan formula tepat pada mobilnya ketika menjadi yang tercepat ketiga pada sesi latihan hari ketiga, Sabtu (8/6/2024), meneruskan performa positifnya dengan meraih waktu 1 menit 12 detik untuk memimpin balapan di Montreal dengan 70 lap pada Senin (10/6/2024) pukul 01.00 WIB.

Di posisi kedua, ada pembalap Red Bull yang menjadi raja GP Kanada dalam dua edisi terakhir yaitu Max Verstappen yang meraih waktu yang sama persis dengan Russell. Namun, karena Verstappen meraih waktunya pada lap terakhir Q3, maka pole masih di tangan pembalap Inggris 26 tahun tersebut.

“Oh, luar biasa. Rasanya enak sekali, enak sekali!,” kata Russell, dikutip dari laman resmi F1, Minggu.

“Begitu banyak kerja keras di pabrik yang dilakukan untuk mencapai hal ini. Kami mengatakannya di Monako, kami berharap ini adalah awal dari sesuatu untuk musim kami, dan saya pikir itu benar. Aku merindukan perasaan ini,” tambahnya.

Baca Juga :  Kalteng Putra Targetkan Raih Poin di Jayapura

Setelah meraih pole, Russell kini mengincar kemenangan seri F1 keduanya setelah GP Brasil 2022 di Autodrome Jose Carlos Pace, Sao Paolo.

“Luar biasa di sini. Setiap kali kami datang ke Montreal, ada energi yang baik dari semua penggemar. Saya bersemangat untuk hari esok. Tentu saja langkah pertama sudah selesai, tapi sekarang kami mengincar kemenangan itu,” ucap rekan setim Lewis Hamilton itu.

Sementara itu, pada posisi ketiga ada pembalap McLaren yang memenangi GP Miami, Lando Norris dengan selisih waktu lebih lambat 0,021 detik.

Di posisi keempat ada rekan Norris, Oscar Piastri dan di posisi kelima ada pembalap RB Honda RBPT Daniel Ricciardo yang membuat kejutan.

Di sisi lain, kualifikasi di Montreal menjadi hari yang berat bagi Ferrari yang pada balapan sebelumnya double podium di GP Monako dengan Charles Lecrerc sebagai pemenang.

Duo Ferrari Leclerc dan Carlos Sainz gagal melewati Q2 sehingga membuat keduanya harus puas memulai balapan GP Kanada dengan menempati P11 dan P12. (ant)



Pos terkait