Ingin Fokus Nyawapres, Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi

mahfud md
Mahfud MD. (jawapos.com)

Radarsampit.com – Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD akhirnya benar-benar menyatakan mundur dari kursi Menko Polhukam. Namun, dia belum bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

Meski demikian, Jokowi sudah menyatakan bahwa dirinya menghargai keputusan tersebut.

Bacaan Lainnya

”Itu (pengunduran diri Mahfud MD, Red) hak dan saya sangat menghargai. Tapi, sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” ucap Jokowi seperti dilansir Jawa Pos Radar Solo, Rabu (31/1/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten.

Kendati Mahfud MD mundur, Jokowi menegaskan bahwa kabinetnya tetap solid. ”Solid, sangat solid,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Mahfud MD kembali menyatakan tekadnya untuk mundur dari kabinet. Hal tersebut disampaikan Mahfud saat berkunjung ke Pura Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, kemarin.

Baca Juga :  AKHIRNYA!!! Badai Krisis Oksigen di Kalteng Berlalu

Mahfud mengatakan, pengunduran diri itu telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Tokoh asal Madura tersebut menambahkan, pengunduran dirinya juga telah disepakati bersama dengan pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Menurut Mahfud, nilai independensi selama proses pilpres dan proses setelahnya sangat penting. Mahfud menjelaskan, keputusan itu juga telah dibicarakan dengan segenap partai koalisi dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Setelah pembicaraan tersebut, didapat kesimpulan bahwa mundur dari jabatan negara selama proses Pilpres 2024 adalah langkah yang bijak. Para partai pendukung dan TPN, ungkap Mahfud, mendukung sepenuhnya keputusan itu. (*)



Pos terkait