Ini Penyebab Level PPKM di Katingan Sulit Turun

Robertus Pamuriyanto

KASONGAN- Di masa pandemi Covid-19 ini, status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Katingan seyogyanya sudah turun dari level tiga menjadi ke level dua. Tetapi, instruksi dari Satgas Penanggulangan dan Penanganan dari Pemerintah Pusat belum turun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Robertus Pamuriyanto menjelaskan, status PPKM di Katingan masih menunggu laporan dari Satgas Covid-19 Pemerintah Pusat.

“Skala PPKM ini juga dilihat dari berapa besar warga yang sudah divaksin dan pencapaian pemerintah daerah dalam mengejar target vaksinasi yang diberikan pemerintah pusat,” ujarnya,Jumat (26/11).

Robertus menjelaskan,  masyarakat Katingan yang sudah divaksin mencapai 55, 7 persen dari target yang diberikan pemerintah pusat. Besarnya persentase ini dihitung dari angka yang sudah dilaporkan dan masuk dalam data aplikasi saja.

“Sedangkan yang masuk dalam data secara manual masih dilakukan verifikasi. Tetap dalam proses input karena dipengaruhi data  KTP yang bermasalah, ” terangnya.

Diakuinya, persoalannya bisa data ganda atau kelebihan dan tidak aktif atau sebagainya. Kendati demikian,walaupun sudah melewati separuh atau lima puluh persen, vaksinasi di Katingan masih dilakukan di setiap UPTD Puskesmas.

” Menyangkut stok persediaan vaksin, memang tersedia namun masih terbatas. Semua itu dilakukan secara bertahap hingga merata sampai kepedesaan, ” pungkas Robertus.

Dengan demikian tambahnya, masyarakat yang berada di semua kecamatan dapat mengikuti vaksinasi dan tidak takut untuk divaksin nantinya. (sos/gus)

Pos terkait