Istana Isen Mulang Dihias Nuansa Imlek

Imlek 2573,Istana Isen Mulang
Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Pemerintah Kota dan sejumlah relawan melakukan pengamanan perayaan Imlek 2573 Tahun 2022 di Vihara Avalokitesvara Jalan Tjilik Riwut kilometer 9,5.(istimewa)

PALANGKA RAYA- Malam perayaan Imlek 2573, atau tahun 2022 di Kota Palangka Raya terlihat sederhana dan penuh makna. Sejumlah warga Tionghoa yang merayakan Imlek nampak bersuka cita dan merasa aman.

Secara khusus Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, aparat pemerintah kota dan sejumlah relawan melakukan pengamanan perayaan tahun Macan Air itu. Kegiatan dipusatkan di Vihara Avalokitesvara Jalan Tjilik Riwut kilometer 9,5, Senin (31/1).

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengamanan tersebut. Ada sejumlah jemaat yang hadir dalam ibadah tersebut. Kami merasa lebih tenang dan mengapresiasi langkah tersebut sebagai bukti toleransi umat beragama di Palangka Raya,” ujar Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kota Palangka Raya, Sulistio.

Dia menambahkan,meskipun kali ini dilaksanakan secara sederhana hanya ada puja bakti atau ibadah, namun tidak menyurutkan antusias warga keturunan Tionghoa yang berdomisili di Kota Palangka Raya.

”Kami tetap menyemarakkan menyambut Tahun Baru Imlek tahun 2022 yang dalam kalender China merupakan Tahun Shio Macan Air,” ujar Sulistio.

Baca Juga :  Bikin Resah Warga Kapuas, Anak Punk Diciduk Pol PP

Babinsa Koramil Pahandut Serka M Arifin turut mengatakan, pihaknya tidak mau lengah untuk menciptakan suasana aman dan damai buat warga Tionghoa yang merayakan Imlek.”Langkah ini guna menciptakan rasa aman untuk saudara kita yang melaksanakan hari raya Imlek tahun ini,”ujarnya.

Diakuinya, suasana terlihat sepi, dan menurutnya inilah bukti warga Kota Palangka Raya umumnya telah mengikuti dan melaksanakan apa yang telah diimbau pemerintah, guna menghindari kerumunan di tengah merebaknya Covid-19.

”Semua aman dan dalam perayaan Imlek tahun ini juga berjalan hikmat dan sama sekali tidak mengurangi ibadah para jemaat yang melaksanakan ibadah di vihara,”ungkap M Arifin.

Sementara itu,  salah satu warga keturunan Tionghoa mengapresiasi sumbangsih gubernur Sugianto dan  Anggota DPR RI Agustiar. Keduanya dianggap berkontribusi dan memberi kesempatan menyediakan tempat dan izin untuk merias wajah Istana Isen Mulang dan Bundaran Besar Kota Palangka Raya untuk perayaan Tahun Baru Imlek tanggal 1 Februari 2022 hingga Cap Go Meh tanggal 15 Februari 2022.

Pos terkait