Jalan Diponegoro Kotabesi Hilir segera Mulus

perbaikan jalan
PERBAIKAN JALAN:  Jalan Diponegoro Kelurahan Kotabesi Hilir, Kecamatan Kotabesi, Kabupaten Kotim, dilakukan pemadatan sebelum diaspal. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kotim mulai melaksanakan perbaikan Jalan Diponegoro Kelurahan Kotabesi Hilir, Kecamatan Kotabesi.

Rekonstruksi jalan kabupaten ini mulai dikerjakan 10 Februari – 8 Agustus 2023 (180 hari kalendar) oleh CV Sinar Pandaran sebagai penyedia jasa dan CV Mentaya Geographic Consultindo sebagai konsultan pengawas.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPRKP Kotim Mentana Dhinar Tistama melalui Tenaga Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Pertama sekaligus sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bagus Anugrah Nusantara mengatakan, pekerjaan perbaikan jalan dilakukan bertahap mulai dari penghamparan material agregat yang sudah dilakukan sekitar sebulan yang lalu dan dilanjutkan pengaspalan jalan jenis asphalt treated base (ATB) sebagai lapisan pondasi.

“Saat ini masih proses pemadatan agregat, tadi pagi kami sudah melakukan tes kualitas agregat kelas A. Setelah tahap pemadatan agregat selesai, baru dimulai proses pengaspalan jalan,” kata Bagus Anugrah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/5).

Baca Juga :  WOW!!! Pembangunan Rice Milling Unit di Teluk Sampit Telan Dana Rp15 Miliar 

Rekonstruksi jalan alias pengaspalan Jalan Diponegoro dikerjakan sepanjang 2.900 meter dengan lebar jalan 5 meter menggunakan sumber dana APBD tahun anggaran 2023 sebesar Rp 3.364.000.000.

“Pekerjaan melibatkan kurang lebih 50 pekerja dan dibantu lima alat berat. Untuk pekerjaan lapisan pengaspalannya naik sekitar 4 cm dari jalan asal. Pekerjaan ditangani 2.900 meter. Total Jalan Diponegoro sepanjang 6 kilometer dan 3 kilometer sudah diaspal sekitar tahun 2014 lalu dan tahun 2023 ini dilanjutkan lagi,” ujarnya.

Pekerjaan pengaspalan berikutnya juga akan ditangani di Jalan Samudera Kelurahan Kotabesi Hulu sepanjang 1 kilometer dengan lebar jalan 4 meter. “Pekerjaan pengaspalan akan dimulai dalam waktu dekat ini. Untuk saat ini masih menunggu proses selesai lelang,” tambahnya.

Lurah Kotabesi Hilir Faisal Rahman menyambut baik adanya perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Kotabesi Hilir.  Sudah puluhan tahun Jalan Diponegoro belum tersentuh pembangunan. Pernah ada pengaspalan tetapi belum tuntas.



Pos terkait