Jalan Lingkar Tamiang Layang di Aspal Mulai 2023

barito timur,tamiang layang
Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (baju hitam) meninjau pengerjaan jalan lingkar luar di Desa Jaar, beberapa waktu lalu.(istimewa)

TAMIANG LAYANG –  Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyatakan, peningkatan pembangunan jalan lingkar luar akan terus berlanjut. Sebagai upaya mendukung pembangunan tata ruang kota di wilayah itu.

“Pembukaan jalan lingkar luar tersebut sudah di lakukan pada 2021, kedepan setiap tahun selalu ditingkatkan dan 2023 pasti sudah diaspal,” ujarnya, di Tamiang Layang, kemarin.

Dijelaskan, peningkatan lingkar luar tersebut dari Desa Jaar wilayah Longkang – Marangga menuju  Desa Mangkarap, Desa Dorong, Dusun Mabidek sampai Desa Haringen hingga simpang Badung Desa Sumur Kecamatan Dusun Timur.

“Pelaksanaan peningkatan jalan lingkar luar menggunakan APBD Bartim, biaya disesuaikan dengan kemampuan daerah,” kata Ampera.

Diuraikannya, biaya pengerjaan Jalan lingkar luar dari Desa Jaar wilayah Longkang sampai Desa Dorong tersebut pada 2021dikerjakan pihak kontraktor pemenang lelang dengan anggaran Rp 9 miliar. Sedangkan pembangunan Jalan Marangga tembus Jalan Mangkarap di dilaksanakan melalui program Karya Bhakti TNI sebesar Rp 5 miliar.

Orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Jari Kanang Kalalawah ini mengharapkan,  demi pengerjaan jalan lingkar luar serta suksesnya program maka perlu dukungan semua pihak. Terutama dukungan dari masyarakat setempat agar jalan lingkar utara nantinya bisa fungsional.

Baca Juga :  Sinergi Perbendaharaan Membangun Lamandau

Ampera menambahkan,setelah pengerjaan jalan lingkar luar, Pemkab Bartim akan bermohon ke Kementerian PUPR melalui Balai Jalan Nasional untuk peralihan jalan.

“Jalan poros dari bundaran longkang di Desa Jaar hingga simpang badung Desa Sumur yang kini masih aset nasional, akan menjadi kewenangan daerah dalam pemeliharaan. Sedangkan lingkar luar akan diserahkan dan menjadi aset Kementerian PUPR melalui Balai Jalan Nasional,”pungkasnya. (apr/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.