Jatah Kursi di DPRD Kapuas Dikurangi

DPRD Kapuas,dapil,berita kapuas
Ketua Komisi I DPRD Kapuas, Lawin

KUALA KAPUAS -RadarSampit.com. Adanya pengurangan kursi anggota legislatif  yang ada di Daerah pemilihan (Dapil) IV, yaitu wilayah Kecamatan Dadahub, Kapuas Murung, Pulau Petak dan Kapuas Hilir, pada pemilihan umum di tahun 2024 mendatang, mendapat sorotan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kapuas.

Diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kapuas Lawin, dikuranginya kursi untuk wakil rakyat di Dapil IV,  yakni oleh pihak penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas.

Dirinya pun mempertanyakan  alasan tentang pengurangan kursi untuk wakil rakyat di Dapil IV, yang seharusnya delapan kursi menjadi tujuh kursi karena dikurangi satu kursi oleh pihak KPU Kabupaten Kapuas.

“Saya mewakili masyarakat di Dapil IV mempertanyakan kepada pihak KPU Kapuas terkait adanya pengurang kursi di Dapil IV pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang. Ada apa kursi untuk wakil rakyat di sana dikurangi,”ucapnya, Senin (28/11) kemarin.

Politikus Partai Hanura Kabupaten Kapuas ini juga mengungkapkan,  bahwa dari data jumlah kependudukan di Dapil IV tidak berkurang,  melainkan adanya pertambahan. Sehingga,  dengan itu tidak ada alasan untuk adanya pengurangan kursi di dapil tersebut.

Baca Juga :  Pasokan Sembako ke Kotim masih Aman

“Saya sudah berkoodinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan mereka menyampaikan data kependudukan di Dapil IV tidak ada berkurang, malah bertambah. Hanya jadi kendal di beberapa dapil tersebut tidak pernah dibiayai untuk perekaman KTP. Ternyata dari perekaman KTP berbuntut dengan pengurangan kursi,”ujarnya.

Dengan demikian, Lawin pun meminta kepada pihak KPU Kabupaten Kapuas, untuk mengkaji ulang terhadap rilis oleh pihak KPU Kabupaten Kapuas, serta mengevaluasi terhadap mata pilihan yang ada di wilayah Dapil IV dan kursinya bisa ditambahkan.

Pos terkait