Jembatan Rampung, Akses Jalan Ke Kalbar Belum Tersambung

jembatan jelai
JEMBATAN JELAI: Akses jalan ke jembatan Jelai di wilayah Kalbar belum terhubung lantaran badan jalan dari wilayah Jambi Kalbar masih terputus.

SUKAMARA, radarsampit.com – Akses antara desa di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) yang terdekat dengan Kabupaten Sukamara masih mengandalkan jalur sungai.

Namun disayangkan hingga jembatan sudah selesai dikerjakan, akses jalan menju jembatan di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) belum tembus sehingga jembatan tidak berfungsi semestinya.

Bacaan Lainnya

“Sekarang ini jembatan hanya menjadi tempat tongkrongan warga saja. Padahal jembatan sudah selesai dikerjakan sampai di wilayah Kalbar tetapi di ujung jembatan tidak ada jalan tembus. Padahal badan jalan dari Jambi Kalbar sudah ada dan tinggal menyambungkan saja,” tutur Agus, salah seorang warga yang nongkrong di jembatan.

Warga berharap Pemkab Ketapang Kalbar dapat menembuskan jalan tersebut agar jembatan bisa difungsikan dan membuka akses kedua wilayah. Apalagi akses darat antar wilayah di wilayah Kalbar sudah banyak terbuka.

Namun karena pembangunan jalan belum tuntas, maka warga memilih menggunakan jasa perahu mesin untuk mengangkut kendaraan menyeberang ke Sukamara dan sebaliknya.

Baca Juga :  Penyaluran BBM dan Elpiji Subsidi Bermasalah, Pemkab Kobar Sentil Peran BPH Migas

“Untuk jalan dari Jambi Kalbar sebenarnya sudah ada dan tinggal menembuskan ke jembatan. Banyak warga menyeberang membawa sepeda motor melalui jalan itu,” cerita warga lainnya.

Informasi dari sejumlah warga juga menyebutkan jarak tempuh jika lewat akses darat juga lebih cepat dibanding jalur sungai. Jika jembatan terhubung maka akses darat dari Sukamara ke Kalbar terbuka, baik menuju Kendawangan, Ketapang dan wilayah lainnya yang terdekat.(fzr/sla)



Pos terkait