Jembatan Sei Rawi I Langganan Ambruk

Jembatan Sei Rawi I yang terletak di Desa Tumbang Miwan, Kecamatan Kurun ambruk ketika dilintasi truk, Jumat (10/9) lalu.(istimewa)

KUALA KURUN – Kesekian kalinya, jembatan lintas kabupaten yakni Sei Rawi I, yang menghubungkan Desa Tewang Pajangan dengan Desa Tumbang Miwan dan sekitarnya, di Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), kembali ambruk saat dilintasi truk, Jumat (10/9).

”Meski Jembatan Sei Rawi I ambruk, namun arus transportasi tidak langsung terputus, karena masyarakat masih dapat menggunakan Jembatan Sei Rawi II,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gumas Baryen, melalui Kabid Bina Marga Bambang Jaya, Minggu (12/9).

Sejauh ini lanjut dia, tim DPU Kabupaten Gumas sudah ke lokasi ambruknya Jembatan Sei Rawi I untuk melakukan inventarisasi dan koordinasi. Diupayakan secepatnya akan dilakukan penanganan sementara, sehingga arus lalu lintas di lokasi jembatan tersebut dapat segera fungsional.

”Pada intinya, kami akan segera melakukan penanganan sementara terhadap ambruknya jembatan Sei Rawi I tersebut,” tegas Bambang.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kurun Franklin mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya Jembatan Sei Rawi I tersebut. Bahkan, akses transportasi masyarakat juga tidak terputus, karena mereka masih bisa melalui Jembatan Sei Rawi II.

”Hanya saja, untuk akses melalui Jembatan Sei Rawi II belum mulus beraspal. Untuk itu, masyarakat sekitar berharap jembatan Sei Rawi I secepatnya dapat diperbaiki,” tuturnya.

Dia pun mengingatkan kepada pengendara roda empat yang akan melintas di Jembatan Sei Rawi I, agar jangan melebihi beban tonase yang telah ditetapkan, sehingga jembatan tidak ambruk.

”Jembatan Sei Rawi I merupakan jembatan lintas kabupaten. Jembatan ini juga pernah ambruk di Bulan Agustus tahun 2019 lalu, saat ada truk yang melintas,” tandas Franklin. (arm/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *