Kebangkitan Marc Marquez Bukan Kebetulan

Marques
Marc Marquez

Repsol Honda memulai rangkaian balapan GP Portugal dengan manis kemarin.

Di tengah lintasan Sirkuit Algarve, Portimao, yang basah karena hujan, dua pembalap mereka, Marc Marquez dan Pol Espargaro, menjadi yang tercepat di latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) secara bergantian.

Di FP1, Marquez mengunci posisi teratas dengan membukukan 1 menit 50,666 detik. Di FP2, giliran Espargaro yang memimpin dengan raihan 1 menit 50,707 detik.

Performa apik Repsol Honda makin terasa karena di FP2 Marquez juga membukukan catatan waktu terbaik kedua tepat di belakang Espargaro. Raihannya terpaut 0,611 detik dari Espargaro.

Hasil itu menjadi raihan positif bagi Marquez yang sampai saat ini masih berusaha beradaptasi dengan motor barunya.

Apalagi, proses adaptasi itu sempat terganggu lantaran cedera diplopia yang memaksanya absen di dua balapan sepanjang musim ini.

Start apik di sesi latihan bebas kemarin akan dijadikan bekal positif Marquez untuk tampil di babak kualifikasi malam nanti.

Dia berkesempatan memperbaiki performanya tahun lalu di GP Portugal. Saat itu performa Marquez di babak kualifikasi cukup menjanjikan dengan keluar sebagai yang tercepat di kualifikasi pertama (Q1).

Baca Juga :  Jelang Italia vs Spanyol, Menolak Jadi Korban ke-33

Meskipun, dia akhirnya hanya start dari posisi keenam dan mengakhiri balapan tanpa podium karena finis ke-7.

Marquez tak berkesempatan tampil di balapan kedua yang berlangsung di sirkuit itu musim lalu pada November lantaran mengalami cedera diplopia edisi pertama.

Sementara itu, pembalap Indonesia Mario Suryo Aji meraih hasil positif di FP2 Moto3 kemarin. Pembalap Honda Team Asia itu keluar sebagai yang tercepat dengan membukukan catatan waktu 2 menit 2,491 detik.

Mario memperbaiki catatan waktu yang dibuat di FP1. Saat itu dia meraih 2 menit 4,191 detik dari berada di posisi ke-14. Dua sesi latihan bebas Moto3 tersebut berlangsung di tengah kondisi lintasan basah karena hujan.

Pos terkait