Kejari Kobar Tanam Pohon Endemik Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

tanam pohon
TANAM POHON: Peringatan hari Bhakti Adyaksa dimanfaatkan untuk penananam pohon endemik dna program penghijauan di Pangkalan Bun Park, Rabu (12/7/2023)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Untuk melestarikan alam dan menjaga keasrian ruang terbuka hijau di Kota Pangkalan Bun, sejumlah pihak melakukan upaya penanaman pohon. Salah satunya Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat yang melakukan penanaman pohon di area Pangkalan Bun Park pada momen rangkaian hari Bhakti Adhyaksa ke 63, Rabu (12/7/023).

Selain menanam sejumlah pohon pelindung, mereka juga menanam beberapa pohon endemik yang nyaris punah di Kalimantan yakni pohon Ulin.

Bacaan Lainnya

Kepala Kejaksaan Negeri Kobar Makrun  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian Adyaksa terhadap lingkungan, dimana kegiatan menanam pohon ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar dan Orangutan Foundation Indonesia (OFI).

“Puncak kegiatan Hari Bhakti Adyaksa ini pada tanggal 22 Juli 2023, banyak kegiatan yang kami lakukan dalam rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adyaksa Ke 63 ini, yang salah satunya adalah gerakan Adyaksa peduli lingkungan dengan menanam pohon,” kata Makrun.

Baca Juga :  Pecandu Narkoba Bisa Direhabilitasi

Menurutnya, banyak kegiatan dari Kejaksaan Negeri Kobar diluar tupoksi sehari harinya, yang salah satunya dengan menanam pohon, kegiatan ini agar masyarakat bisa mengetahui bahwa personil Kejaksaan Negeri ini manusia biasa yang perlu bersosialisasi dengan masyarakat dan alam.

Sementara itu Plh Sekda Kobar Juni Gultom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Kobar, yang telah melakukan penanaman pohon di Kawasan Pangkalan Bun Park, dengan berbagai jenis tanaman langka dan merupakan jenis dari Kalimantan, gerakan menanam pohon ini salah satu melestarikan dari kepunahan.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang peduli dengan lingkungan dalam melestarikan flora dan Fauna yang ada di Bumi yang kita cintai ini, gerakan menanam pohon Jenis ulin merupakan endemik Kalimantan /kayu asli Kalimantan, yang saat ini hampir punah sehingga perlu di Lestarikan,” jelasnya.

“Menanam jenis pohon Ulin ini harus ditempat yang teduh sementara pertumbuhanannya dalam satu tahun hanya 7 cm saja, ” tambah Juni Gultom. (sam)



Pos terkait