Kembangkan Berbagai Inovasi untuk Tingkatkan Literasi, SMP Astra Agro Lestari Juara 2 Lomba Perpustakaan Daerah

perpustakaan 1
JUARA 2: Perpustakaan SMP Astra Agro Lestari meraih juara dua dalam Lomba Perpustakaan SMP/MTs tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022. Penyerahan trofi dan uang pembinaan dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (27/7/2022). (istimewa)

Kepala SMP Astra Agro Lestari, Ahmad Rofik menekankan tentang pentingnya koleksi buku perpustakaan, terutama dalam menopang kegiatan literasi. “Beragam buku, dari mulai sains, sejarah, biografi, fiksi, bahkan ekonomi dan politik ada di koleksi perpustakaan kami. Sekolah mengupayakan selalu ada tambahan buku baru tiap tahunnya. Mudah-mudahan dengan fasilitas tersebut, budaya literasi warga sekolah bisa terus meningkat,” katanya.

Selain itu, kondisi ruangan perpustakaan pun terus dioptimalkan untuk memastikan pengunjung merasa nyaman saat membaca di perpustakaan. “Tata ruang, pencahayaan, dan sirkulasi udara, benar-benar dioptimalkan agar pengunjung bisa menikmati membaca buku di perpustakaan,” tambahnya.

Prasarana lain, seperti globe, peta, televisi, CD pembelajaran, internet, atau media massa selalu dalam kondisi baik dan dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk alat penunjang pembelajaran.

Saat penjurian berlangsung, para siswa dan guru SMP Astra memperoleh pengalaman langka, karena juri datang dengan mengendarai mobil perpustakaan keliling.

Para siswa dengan penuh semangat memilih dan membaca beragam buku koleksi perpustakaan keliling DPK Kabupaten Kotawaringin Barat. Momen ini, cukup langka karena jarak SMP Astra Agro Lestari cukup jauh dari kota, sehingga tidak memungkinkan bagi perpustakaan keliling untuk sering hadir di SMP binaan PT GSIP – AMR tersebut.

Baca Juga :  Alihkan Kendaraan Kredit, Debitur Dipenjara 16 Bulan

Sebagai juara 2, SMP Astra Agro Lestari berhak menerima trofi dan plakat juara dan juga uang pembinaan sebesar dua juta rupiah dari DPK. Uang pembinaan tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk menambah koleksi buku perpustakaan dengan buku-buku terbaru. Harapannya, tingkat literasi siswa SMP Astra Agro Lestari terus meningkat dan aktual. (*)

Pos terkait