Kemenperin Pastikan Stok Gula Hingga Minyak Aman Jelang Ramadan

gula bulog
KEBUTUHAN POKOK: Karyawan Bulog memindahkan karung yang berisi gula pasir di gudang. (ANTARA Sultra/Jojon/zk)

JAKARTA, radarsampit.com – Kementerian Perindustrian mengatakan stok enam komoditas yakni gula, minyak goreng, jagung, tepung terigu, beras pecah dan daging aman menjelang Ramadhan.

“Secara garis besar untuk enam komoditas tersebut aman,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Agro Kemenperin Yulia Astuti di Jakarta, Kamis.

Bacaan Lainnya

Pihaknya mencatat, ketersediaan gula cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan nasional hingga 4 bulan ke depan, kesiapan stok ini sudah termasuk gula jenis kristal putih, serta kristal rafinasi.

“Stok gula mencukupi sampai dengan 3 sampai 4 bulan,” katanya.

Sedangkan untuk minyak goreng, dirinya mengatakan industri tersebut sudah memproduksi sebanyak 20,6 juta ton. Sehingga ia menilai dari hasil produksi itu dapat mencukupi kebutuhan nasional hingga setelah Idul Fitri.

“Ini dalam catatan kami sudah mencukupi untuk 1 sampai 1,5 bulan ke depan. Jadi istilahnya untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini stok untuk minyak goreng juga aman,” ujarnya.

Baca Juga :  TNI Bawa Pulang 14 WNI Korban TPPO dari Myanmar

Adapun sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut ketersediaan komoditas pangan untuk periode Ramadhan-Idul Fitri telah siap sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mengatakan, sejumlah komoditi pangan telah disiapkan oleh Pemerintah untuk mengisi pasokan dalam negeri.

“Pokoknya untuk komoditi setahu saya, daging, gula, ketersediaannya sudah siap semua,” ujar Suhanto di Jakarta, Jumat (16/2).

Suhanto menyebut, Pemerintah akan mengutamakan pasokan yang diproduksi di dalam negeri. Namun, bila ketersediaan dinilai mulai tidak mencukupi maka akan dilakukan impor.

“Kalau perlu impor ya impor, tapi kalau masih dipasok dari dalam negeri ya dalam negeri,” kata Suhanto. (ant)



Pos terkait