Kepala KSOP Sampit Berganti, Ini Harapan Pejabat Baru

Serah terima jabatan Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP)
BERGANTI: Serah terima jabatan Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit dari  Agustinus Maun kepada Capt Sidrotul Muntaha kemarin (23/6).

SAMPIT, RadarSampit.com – Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit berganti, dari  Agustinus Maun menjadi Capt Sidrotul Muntaha. Agustinus Maun meninggalkan Sampit untuk menduduki jabatan baru sebagai Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara itu Capt Sidrotul Muntaha sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengukuran, Pendaftaran, dan Kebangsaan Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel), Dirjen Perhubungan Laut,  Kementerian Perhubungan.

Bacaan Lainnya

Dalam acara pisah sambut di halaman Kantor KSOP Kelas III Sampit, Kamis (23/6), Agustinus menyampaikan bahwa Kotim salah satu kabupaten yang menjadi perhatian pemerintah pusat dalam hal penanganan angkutan arus mudik Lebaran 2022. Pada momentum arus mudik Lebaran, sebelum Covid-19, ada hal yang sering menjadi kendala, diantaranya jumlah penumpang yang melebihi kapasitas kapal.

“Setiap momen arus mudik Lebaran, banyak penumpang yang bekerja di perkebunan sawit pulang kampung, ada kekhawatiran angkutan penumpang melebihi kapasitas, karena setelah dua tahun pandemi Covid-19, baru tahun ini masyarakat di Kotim diperbolehkan mudik. Syukur dengan koordinasi yang baik dengan instansi terkait dan semua stakeholder kita bisa melaksanana angkutan Lebaran 2022 dengan sukses dan lancar,” kata Agustinus Maun.

Baca Juga :  Awet Belasan Tahun, Pejabat Kotim Ini Akhirnya Mutasi di Era Harati

Di masa akhir kepemimpinannya, Agus juga menyampaikan capaian pendapatan Kantor KSOP Kelas III Sampit yang bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) sebesar Rp 11 miliar atau 135 persen.

“Sesuai arahan Pak Menhub, Kantor KSOP Kelas III Sampit dituntut untuk meningkatkan PNPB. Pada semester pertama tahun ini, Kantor Kelas III Sampit sudah mencapai 135 persen. Ini sudah melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp 7,7 miliar. Bagi saya ini pencapaian yang luar biasa, berkat kerjasama semua pegawai KSOP, kami dapat mengejar capaian melebihi dari target,”katanya.

Agustinus Maun juga telah menyelesaikan revisi protap terkait pengawasan pemanduan. Dimana pada tahun 2017, pengawasan pemanduan sudah dilimpahkan ke Badan Usaha Pelabuhan yakni PT Pelindo sebagai pelaksana pemanduan alur pelayaran di Sungai Mentaya.

Pos terkait