Kepekaan Sebagian Warga Seruyan Kelola Sampah Masih Rendah

sekda seruyan
PELATIHAN: Sekda Seruyan Djainu'ddin Noor saat membuka pelatihan pengelolaan sampah, belum lama ini. (IST/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menilai tingkat kepekaan masyarakat untuk mengelola sampah di wilayah setempat masih rendah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Djainu’ddin Noor. Menurutnya, salah satu faktor utama yang menjadi kendala pengelolaan sampah di Seruyan, yakni rendahnya kesadaran masyarakat mengelola sampah di rumah atau wilayah masing-masing.

Bacaan Lainnya

”Kami menilai selama ini tingkat kesadaran masyarakat terhadap sampah itu masih rendah. Hal itu dapat dilihat masih banyak masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan,” katanya, Selasa (10/1).

Bahkan, lanjutnya, tidak sedikit masyarakat membuang sampah ke sungai. Diperlukan upaya menumbuhkan kesadaran dan mengubah budaya membuang sampah sembarangan tersebut.

Djainu’ddin menambahkan, upaya pemerintah memaksimalkan pengelolaan sampah, yakni melalui instansi terkait aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah. Mulai dari mengajarkan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Seruyan Desak Distribusi Solar Dikembalikan ke SPBN

Selain itu, memberikan pemahaman tentang tata cara mengelola sampah yang baik dan benar, sehingga dapat memberikan nilai ekonomi dan bahkan dapat menciptakan sirkulasi ekonomi.

”Melalui OPD terkait, lurah, dan kepala desa, serta elemen masyarakat bersinergi dalam memantau dan mengondisikan pengelolaan sampah dan budaya memilah sampah serta,” katanya. (rk2/ign)

Pos terkait