KM Kirana Angkut Ribuan Pemudik Menuju Tanjung Mas Semarang

mudik gratis 1
PANTAU MUDIK: Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa didampingi Kepala Cabang DLU Kumai Agus Supriyanto saat meninjau para penumpang di KM Kirana tujuan Kumai - Semarang, Kamis (4/4/2024) (Prokom Kobar/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – KM Kirana milik operator pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU) angkut ribuan penumpang mudik, Pelabuhan Panglima Utar Kumai menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Kamis (4/4/2024).

Dari total 1.076 orang penumpang, 398 di antaranya merupakan penumpang program mudik gratis Kemenhub tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kobar, Amir Hadi mengatakan bahwa sebanyak 398 orang penumpang merupakan peserta mudik gratis Sisanya sebanyak kurang lebih 678 orang adalah penumpang regular.

“Selain itu, juga akan ada program mudik gratis dengan menggunakan kapal milik PT. Pelni yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Panglima Utar,” katanya.

mudik gratis 3

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa usai pelepasan mudik gratis lebaran 1445 hijriah mengatakan bahwa peninjauan ke pelabuhan ini untuk memastikan kesiapan pelayanan terhadap para pemudik yang menggunakan jalur laut, khususnya di Pelabuhan Panglima Utar.

Baca Juga :  Dishub Kobar Tertibkan Truk Pengangkut Pasir Tanpa Penutup

“Secara keseluruhan, pelayanan terhadap para penumpang di pelabuhan relatif berjalan dengan baik, mulai dari arus masuk di terminal pelabuhan hingga menuju ke kapal. Apresiasi untuk PT DLU yang ikut menyukseskan program mudik gratis ini,” katanya.

Selain menyempatkan diri berbincang dengan para penumpang, Pj Bupati Budi Santosa juga menemui kru kapal untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi perjalanan dan pelayanan kepada penumpang.

“Saya titip para penumpang ya, tolong dikawal sampai tujuan. Semoga pelayanan selama dalam perjalanan ini berlangsung dengan baik,” pesan Budi Santosa kepada nahkoda kapal.

Kunjungan ini menunjukkan keseriusan Pj Bupati dalam memastikan kesiapan infrastruktur pendukung dan pelayanan publik di Kobar dalam menghadapi arus mudik lebaran. Diharapkan dengan adanya pengawasan langsung ini, kenyamanan dan keamanan para pemudik dapat terjamin dengan baik.(*/sla)



Pos terkait