Koper Bagasi Calon Jemaah Haji Sudah Disetor, Ada Batas Maksimal Beratnya

koper jemaah haji
PENYERAHAN KOPER : CJH Kotim menyerahkan koper bagasi kepada Kemenag Kotim untuk diberikan penanda dan dibungkus kain pelindung koper di Aula Kemenag Jalan Kapten Mulyono, Sabtu (11/5/2024). (HENY/RADARSAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Selama dua hari, calon jemaah haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menyerahkan koper bagasi ke Kementarian Agama Kotim.

“Koper sudah kami bagikan sejak 30 April dan hari ini mulai diserahkan ke kami untuk dilakukan penandaan dan pembungkusan koper,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kotim Tiariyanto, Sabtu (11/5/2024).

Bacaan Lainnya

Calon jemaah haji diberikan waktu selama dua hari pada 11-12 Mei 2024 untuk menyerahkan koper bagasi mulai pagi hingga sore.

“Hari ini yang mengantar baru beberapa saja, besok yang kemungkinan yang banyak. Karena hari terakhir penyerahan koper sampai besok Minggu,” katanya.

Calon jemaah haji juga tak perlu khawatir koper tertukar. Setiap koper sudah ada penanda tali pita terikat dengan warna yang berbeda setiap embarkasi. Hal itu dilakukan untuk memudahkan ketika pemulangan jemaah haji dengan mengelompokkan koper sesuai warnanya.

“Calon jemaah haji Kotim yang berangkat tahun ini ada 161 orang yang dibagi menjadi lima rombongan. Setiap rombongan terdiri dari 39 orang. Per rombongan ini juga dikasih penanda pita yang berbeda untuk memudahkan, tetapi sarung penutup koper semua sama di seluruh Indonesia berwarna merah putih,” katanya.

Baca Juga :  Di Kotawaringin Timur Tercatat Ada 1.943 Anak Stunting

Tiariyanto mengatakan, otoritas penerbangan telah menetapkan batas maksimal berat koper bagasi 32 kilogram dan koper kabin 7 kilogram.

“Kami ingatkan kepada calon jemaah haji agar tidak membawa barang terlalu banyak dari tanah air, yang terpenting segala keperluannya cukup. Karena nanti sepulang haji pasti diisi oleh-oleh dan barang belanjaan. Saat kepulangan koper bagasi jemaah akan ditimbang, maksimal berat koper hanya 32 kg, tidak boleh dari itu. Jemaah juga dilarang membawa air zam-zam ke dalam koper, karena nantinya setiap jemaah pasti dijatah mendapat air zam-zam sesuai ketentuan,” ujarnya.

Koper CJH yang sudah diberikan penanda dan sudah dibungkus kain merah putih dijadwalkan diantar menggunakan dua truk menuju embarkasi Banjarmasin pada tanggal 16 Mei 2024.

“Pelepasan jemaah tanggal 17 Mei 2024 jam 13.30 di Islamic Center dan akan diberangkatkan dari Bandara Haji Asan Sampit menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada Sabtu 18 Mei 2024,” katanya.



Pos terkait