Korsleting Listrik, Rumah ASN di Pangkalan Bun Ini Nyaris Terbakar

kebakaran
KEBAKARAN: Personel Damkar saat melakukan penanganan kebakaran di Jalan Perwira, RT 05, Kelurahan Mendawai, Kamis (15/2/2024) (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Satu unit rumah di Jalan Perwira, RT 05, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, nyaris terbakar, Kamis (15/7/2024), pukul 07.45 WIB.

Diduga api yang muncul dari bagian atas plafon rumah tersebut akibat korsleting arus listrik. Rumah milik aparatur negeri sipil (ASN) di lingkup pemerintah kabupaten setempat itu hanya mengalami kerusakan pada bagian atas rumah.

Bacaan Lainnya

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Dwi Suhartono menyampaikan, saat peristiwa tersebut terjadi pemilik rumah sedang pergi sehingga rumah dalam keadaan kosong.

“Objek yang terbakar merupakan rumah tempat tinggal, saat kejadian pemilik rumah sedang bepergian, dugaan sementara ini akibat korsleting arus pendek,” terangnya.

Kepulan asap yang muncul dari rumah diketahui oleh tetangga, dan segera memberikan pertolongan dengan peralatan manual, sementara warga lainnya menghubungi pemadam kebakaran.

Baca Juga :  Kalteng Kucurkan Rp 900 Juta Untuk Nelayan Kotawaringin Barat 

Mengingat bahwa lokasi rumah yang terbakar berada di permukiman padat penduduk, dan mayoritas perumahan bermaterial kayu dengan jarak antar rumah rapat, Damkar Kobar mengerahkan 7 unit mobil kebakaran untuk melakukan penanganan.

Pemadam kebakaran membutuhkan waktu penanganan selama 45 menit hingga api benar-benar dinyatakan padam, kerusakan akibat musibah tersebut bagian plafon rumah di jebol agar mempermudah penyemprotan ke titik api yang mulai membakar bagian atas rumah.

“Belum diketahui kerugian akibat peristiwa kebakaran, setelah api dinyatakan benar-benar padam personel balik kanan kembali ke Mako,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait