La Pulga Kembali ”Taklukkan” Google

JUARA: Timnas Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021 setelah menundukkan Brasil pada laga final dengan skor 1-0. (FOTO: REUTERS/AMANDA PEROBELLI)

RIO DE JANEIRO – Bagi timnas Argentina, juara Copa America 2021 yang diraih kemarin (11/7) telah memutus dahaga gelar turnamen mayor selama 28 tahun. Yaitu sejak Argentina era Gabriel Batistuta dan Diego Simeone memenangi Copa America 1993.

Namun, gaung kesuksesan timnas berjuluk La Albiceleste itu terbenam oleh kepentingan Lionel Messi. Megabintang Argentina itu akhirnya memenangi gelar sejak debut internasional dalam friendly match melawan Hungaria pada 17 Agustus 2005.

Bacaan Lainnya

Gaung kesuksesan Messi sampai-sampai membuat Google takluk. La Pulga mendominasi isi dalam mesin pencarian terbesar dunia kemarin. Itu bukan kali pertama. Sebelumnya terjadi pada Agustus tahun lalu seiring masa depan pemain terbaik dunia enam kali itu lebih banyak dicari ketimbang berita pandemi Covid-19. Kala itu, Messi meminta pergi dari FC Barcelona.

CEO Google Sundar Pichai tak luput memberi apresiasi kepada Messi. ”Messi sudah menampilkan dan memberikan kesenangan selama bertahun-tahun. Titel juara (Copa America 2021) sangat layak (untuknya),” cuit pria asal India itu seperti dilansir AFP.

Seandainya Messi benar-benar putus asa lima tahun silam, mungkin tidak ada gelar dalam rekam jejak bersama La Albiceleste. Lima tahun silam adalah ketika Argentina kalah adu penalti 2-4 oleh Cile dalam final Copa America Centenario. Messi gagal sebagai penendang penalti pertama Argentina.

Kegetiran Messi seolah mencapai puncak karena sudah tiga kali hanya finis sebagai runner-up di Copa America (2007, 2015, dan 2016) serta runner-up Piala Dunia 2014. Messi sempat berucap pensiun dari ajang internasional. Dia beranggapan bahwa kiprahnya bersama Tim Tango seperti dikutuk.

Meski dia kembali tampil di Piala Dunia 2018, Argentina malah tersingkir di babak 16 besar oleh Prancis yang kemudian jadi kampiun. Tak berlebihan jika Messi begitu emosional setelah Argentina mengalahkan Brasil 1-0 dalam partai final di Estadio do Maracana kemarin.

”Ini gila. Bahkan, saya tidak bisa menjelaskan yang sudah terjadi. Kami sudah sering di sini (final Copa America, Red). Bisa mengalahkan Brasil di rumah mereka menambah istimewa semuanya,” tutur Messi kepada ESPN.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *