Lokasi Rawan Laka Dipasangi Replika Mobil Satlantas

Cegah Aksi Ngebut Pengguna Jalan

REPLIKA: Satlantas Polres Kobar bersama Dinas Perhubungan memasang replika mobil Satlantas di lokasi rawan kecelakaan di tikungan dekat Masjid di Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng. (SATLANTAS KOBAR) 

PANGKALAN BUN – Kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kotawaringin Barat cukup tinggi. Kondisi ini membuat Satlantas Polres Kobar bersama Dinas Perhubungan mencari cara untuk menekan laka lantas. Salah satunya dengan memasang replika mobil satlantas di jalan rawan kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Kobar Iptu Bayu Caesaria mengatakan, kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kotawaringin Barat sepanjang tahun 2021 menjadi evaluasi satlantas. Salah satunya meminimalisir kecelakaan yang bisa mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.
“Maka hasil diskusi kami dengan Dishub Kobar untuk mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas dengan memasang banyak spanduk dan terakhir kami memasang replika mobil satlantas di jalan rawan kecelakaan,” kata Kasat Lantas.

Menurutnya, pemasangan replika mobil satlantas itu supaya masyarakat bisa lebih berhati-hati. Ada dua lokasi replika mobil satlantas, yakni di Jalan Ahmad Yani Kilometer 23 dan 64. “Lokasi yang dipasang replika mobil satlantas itu sudah sering terjadi kecelakaan dan sejumlah kasusnya korbanya meninggal dunia,” ujarnya.

Diharapkan kasus kecelakaan lalu lintas khususnya jalan arah keluar kota juga daoat diminimaliisr. Mengingat aktivitas lalu lintas jalan semakin padat. “Termasuk pada saat musim penghujan sekarang ini, para pengguna jalan agar selalu berhati-hari. Sedangkan kendaaan yang membawa angkutan agar tidak melebihi muatan. Pasalnya kasus kecelakaan yang terjadi kalau tidak pengendara yang ugal-ugalan tentunya kendaraan yang membawa muatan lebih,” pungkasnya. (rin/yit)

Pos terkait