Mengenali Kode Plat DA sebagai Identitas Kendaraan dari Kalimantan Selatan

plat da kalimantan selatan

Radarsampit.com – Jika Anda melihat plat kendaraan dengan kode DA di jalan, itu menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Kalimantan Selatan. Plat Kalimantan Selatan, atau lebih dikenal sebagai plat Kalsel, menggunakan kode DA untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil dan sepeda motor.

Wilayah yang tercakup dalam penggunaan plat DA atau plat Kalimantan Selatan meliputi Banjarbaru, Banjarmasin, Banjar, Tanah Laut, Tapin, Tanah Bumbu, Tabalong, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Barito Kuala, dan Balangan.

Meskipun huruf depannya ditandai dengan DA, huruf belakang pada plat Kalimantan Selatan dapat berbeda-beda tergantung dari kota atau kabupaten asal kendaraan tersebut.

Plat nomor kendaraan terdiri dari kombinasi kode angka dan huruf yang menggambarkan identitas kendaraan. Kode huruf depan menandakan wilayah asal kendaraan, sementara kode angka menunjukkan urutan pendaftaran kendaraan. Adapun kode belakang mengindikasikan kota atau kabupaten asal kendaraan.

Berikut ini daftar kode belakang plat DA Wilayah Kalimantan Selatan atau Kalsel, siapa tahu Anda lagi memerlukan untuk mengidentifikasi kendaraan:

NOKOTA/KABUPATENHURUF BELAKANGCONTOH
1Kota BanjarbaruP/RDA 5678 PN
2Kota BanjarmasinA/C/I /J/N/O /S/T/V /W/XDA 5678 AV
3Kab. BalanganYDA 5678 YU
4Kab. BanjarB/QDA 5678 BC
5Kab. Barito KualaMDA 5678 MX
6Kab. Hulu Sungai SelatanDDA 5678 DI
7Kab. Hulu Sungai TengahEDA 5678 EN
8Kab. Huli Sungai UtaraFDA 5678 FG
9Kab. Kota BaruGDA 5678 GZ
10Kab. TabalongH/UDA 5678 HI
11Kab. Tanah BumbuZDA 5678 ZT
12Kab. Tanah LautLDA 5678 LH
13Kab. TapinKDA 5678 KP
Baca Juga :  Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Bisnis dengan WhatsApp Blast

Mengetahui kode plat DA adalah penting untuk mengidentifikasi asal usul kendaraan di Kalimantan Selatan. Jadi, saat Anda melihat plat DA di jalan, Anda dapat dengan mudah mengenali bahwa kendaraan tersebut berasal dari daerah ini.

Mengenali kode plat membantu meningkatkan kesadaran dan keamanan saat berlalu lintas. Jadi, jangan ragu untuk mempelajari kode plat dari daerah Anda, termasuk kode plat DA yang merupakan identitas kendaraan dari Kalimantan Selatan.(*)

 



Pos terkait