Menggambarkan Wajah Institusi, Tempat Berkarier Birokrasi Kekinian

Melihat Peran Strategis Pranata Humas

pranata humas
NARSUM: Pranata Humas Setda Kalteng Noriko Yunanto menjadi narasumber di acara podcast yang diselenggarakan Diskominfosantik Provinsi Kalteng, di stand Kalteng Expo 2022.

RadarSampit.com – Ada obrolan menarik pada acara podcast yang diselenggarakan Diskominfosantik Provinsi Kalteng saat Kalteng Expo Jumat (15/7) lalu. Yaitu membahas jabatan seorang pranata humas yang memberikan informasi seputar kegiatan pembangunan institusi.

Jabatan fungsional pranata humas merupakan salah satu jabatan strategis yang dimiliki pemerintah. Sebagai Government Public Relations (GPR), jabatan fungsional yang keberadaannya diatur dalam Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2014 tentang JFT Pranata humas dan angka kreditnya memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan informasi dan kehumasan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilakukan sebuah institusi tidak dapat diakses sepenuhnya oleh masyarakat kalau tidak dibantu bagian humas yang berusaha menyampaikan kegiatan, informasi pembangunan dan sebagainya. Bahkan, ada yang berpendapat pranata humas dapat menggambarkan wajah sebuah institusi.

Di sisi lain, sebagai sebuah karier birokrasi, ada yang menilai berkarier di pranata humas sebagai birokrasi kekinian merupakan tuntutan zaman.

Baca Juga :  Penjelasan Bupati Kotim di Balik Naiknya Tarif PDAM Sampit

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Agus Siswadi mengatakan, wajah sebuah institusi akan terlihat dari peran pranata humas. ”Peran pranata humas sangat luar biasa penting bagi sebuah institusi,” katanya.

Diskominfosantik Kalteng, lanjutnya, merupakan instansi/institusi pembina dari pranata humas. ”Kami bersyukur, saat ini sudah banyak rekan pranata humas yang merupakan dari penyetaraan akibat regulasi penyederhanaan birokrasi. Kami selaku pembina, membuka kesempatan yang luas kepada kawan-kawan ASN, khususnya di Pemprov Kalteng, bahkan kabupaten/kota yang ingin beralih menjadi pranata humas.  Silakan berkonsultasi dan berdikusi dengan pranata humas di Dinas Kominfo,” katanya.

Pos terkait