Meresahkan!!! Karhutla di Katingan makin Meluas

karhutla katingan
KARHUTLA : Petugas gabungan memadamkan api yang membakar lahan di Jalan Baun Bango Kereng Pangi, Kabupaten Katingan, baru-baru tadi. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, radarsampit.com – Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Katingan terus meningkat. Sejumlah titik api terpantau, tersebar di beberapa kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Markus mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap potensi Karhutla. Bahkan, awal Agustus 2023 ini, kebakaran terjadi di Katingan Hilir dan Kecamatan Kamipang.

Bacaan Lainnya

“Contohnya kasus kebakaran di lahan sekitar Jalan Baun Bango- Kereng Pangi Kilometer 1,5. Lahan tersebut merupakan area gambut dan semak belukar yang terbakar karena potensi panas di Katingan masih terjadi,” kata Markus, Senin (7/8/2023).

Ia mengakui, Katingan masih dalam berada status siaga karhutla. Termasuk di Kamipang dan Kereng Pangi juga terus ditempatkan sejumlah relawan dan petugas kebakaran gabungan.

“Di jalan Baun Bango, lahan yang terbakar berada di kawasan sekitar Kumkum dan tidak jauh berada dari pinggir jalan,” terangnya.

Baca Juga :  Jadi Selebgram Instan, Pencuri BBM Eceran Pakai Mobil Viral di Medsos

Menurut Markus, penyebab kebakaran masih belum diketahui pasti, apakah ulah pihak yang tidak bertanggung atau karena faktor alam.

“Ketika berada di lokasi kejadian, para petugas melakukan upaya pemadaman dengan cepat. Sehingga tidak merembet ke area lain atau pemukiman penduduk,” pungkasnya. (sos/fm)

 



Pos terkait