Murid SD di Kawasan Ini Kekurangan Sekolah

Parningotan Lumban Gaol

SAMPIT-Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Parningotan Lumban Gaol mengusulkan penambahan Sekolah Dasar (SD) baru di Sampit, untuk menampung anak-anak yang ingin masuk sekolah.

“Seperti di Perumahan Pendawa dan sekitarnya perlu SD baru. Alasannya karena SD terdekat di Perumahan  Sawit Raya sudah over kapasitas. Bahkan saat situasi normal, di sana sudah diberlakukan masuk pagi dan siang. SD terdekat lainnya adalah SD Bina Karya, juga banyak terisi murid,” ujarnya.

Lumban Gaol  juga mengatakan, hampir setiap kali reses ke daerah pemilihannya di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dirinya banyak menerima aspirasi masyarakat agar didirikan SD baru di sekitar Perumahan Pandawa Jalan Jenderal Sudirman. Terutama untuk menampung anak-anak di wilayah itu yang hendak sekolah.

Warga kesulitan untuk menyekolahkan anak di sekolah lain yang masih mampu menampung karena lokasinya cukup jauh. Akhirnya sekolah yang ada dipaksakan untuk menampung sehingga melebihi kapasitas ideal.

Lumban Gaol mengaku sudah menyampaikan usulan itu kepada Bupati Kotim Halikinnor. Dirinya pun diarahkan untuk berkoordinasi dengan Bagian Pemerintah untuk pengadaan tanah untuk pembangunan SD baru tersebut.

Jika tanahnya sudah ada, baru diproses administrasi dan dimulai pembangunan fisik SD tersebut. Masyarakat sangat berharap pembangunan SD baru itu bisa terealisasi,  sehingga anak-anak di wilayah itu bisa dengan mudah bersekolah.

Masalah ini juga disampaikan dirinya saat rapat kerja Komisi I dengan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur. Harapannya ini bisa ditindaklanjuti, karena sudah direstui bupati.

“Kalau tanahnya ada pada 2022, nanti selanjutnya saya bisa kembali perjuangkan. Misalnya pada 2023 sudah pembangunan gedung sekolahnya sehingga bisa dimulai pembelajaran. Ini untuk kepentingan masyarakat. Kita harapkan bisa sama-sama jemput bola,” pungkas Lumban Gaol.(ang/gus)

 

Pos terkait