Pariwisata Kotim Kian Berjaya, Selalu Ramai saat Liburan

wisata kotim
Ilustrasi wisata Kotim. (M Faisal/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Sektor pariwisata Kotim terus bangkit setelah dua tahun merana akibat pandemi virus korona. Destinasi wisata andalan, seperti Pantai Ujung Pandaran, selalu dipadati ribuan warga pada momen liburan. Tingginya kunjungan pelancong, membuat perekonomian rakyat ikut bergerak.

Pada liburan tahun baru 2023, wisatawan lokal hingga dari luar daerah memadati Pantai Ujung Pandaran. “Pengunjung diperkirakan ribuan orang. Jalanan padat merambat saking banyaknya kendaraan yang ingin liburan di awal tahun ke pantai,” kata Juliansyah, Camat Teluk Sampit, Senin (2/1).

Bacaan Lainnya

Juliansyah mengaku tak sendiri memantau suasana Pantai Ujung Pandaran. Ada Kapolres Kotim, Dandim 1015, Wakil Bupati Kotim Irawati, dan sejumlah instansi terkait yang patroli memastikan keamanan dan ketertiban Pantai Ujung Pandaran. Tempat penginapan di lokasi penuh. Mereka memilih menginap di sekitar pantai menikmati awal tahun baru.

”Semua tempat penginapan penuh dipesan pengunjung yang bermalam. Kami juga mengimbau pengelola penginapan untuk menjaga ketertiban dan kebersihan di tepi pantai,” ujarnya.

Baca Juga :  Keterbatasan Bukan Alasan, Empat Perempuan Inspiratif Kotim Ini Membuktikannya

Meskipun jumlah pengunjung melonjak drastis, sampah tak begitu menumpuk seperti pada momen Lebaran 2022 lalu. ”Liburan awal tahun baru ini, sampah sudah dikelola masing-masing pengelola penginapan. Begitu juga parkirnya. Jadi, walaupun ramai pengunjung, sampah yang berserakan tidak separah sebelumnya,” ujarnya.

Juliansyah mengatakan, pengelola penginapan di pesisir pantai cukup banyak. Namun, belum semua memiliki izin. Pihaknya berharap agar pelaku usaha penginapan dapat mengurus izinnya.

”Pendataan jumlah penginapan di Desa Ujung Pandaran ada, tetapi saya tidak hapal. Tahun lalu sudah didata, tetapi belum semua mengurus izinnya. Yang sudah ada izinnya baru dua, yaitu Camp Kobes dan Vilates. Penginapan lainnya yang belum, saya imbau agar segera mengurus izin usaha penginapannya agar legal,” katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kotim yang dikutip dari buku ”Kotim dalam Angka 2022”, pada 2021 lalu, kunjungan wisatawan di Kotim tercatat naik, baik mancanegara maupun domestik. Jumlah kunjungan mancanegara ke Kabupaten Kotim sebanyak 123 wisatawan, sementara domestik sebanyak 238.557 wisatawan (tren kenaikan lihat infografis).

Pos terkait