Pastikan Keamanan Penumpang, Dishub Lamandau Lakukan Rampcheck Angkutan Mudik  

pengecekan bus
RAMPCHECK: Dinas Perhubungan Lamandau bersama Satlantas Polres Lamandau melaksanakan inspeksi keselamatan angkutan di Terminal Gerantung Nanga Bulik, Selasa (2/4/2024).

NANGA BULIK, radarsampit.com –  Dinas Perhubungan Kabupaten Lamandau bersama Satlantas Polres Lamandau melaksanakan inspeksi keselamatan (rampcheck) angkutan jalan di Terminal Gerantung Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, Selasa (2/4/2024). Rampcheck dilakukan demi menjaga keselamatan angkutan Lebaran 2024.

“Inspeksi keselamatan  ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan mematuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Tujuan utamanya adalah menjamin keamanan penumpang selama perjalanan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lamandau  Ray Paskan kemarin.

Bacaan Lainnya

Inspeksi mencakup pemeriksaan unsur administrasi (STUK, kartu pengawasan, STNK dan SIM) dan unsur teknis untuk memastikan kendaraan laik jalan. Unsur teknis yang diperiksa yakni sistem penerangan, pengereman, badan kendaraan, ban, pengukur kecepatan,  dan perlengkapan.

“Dalam kegiatan tersebut, tim penguji tidak menemukan kekurangan dan semua unit kendaraan yang diperiksa dinyatakan laik jalan,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik agar  merencanakan perjalanan mudik dengan baik . Salah satunya melakukan mudik lebih awal dan hindari perjalanan pada saat puncak arus mudik.

Baca Juga :  Kades Kinipan Gugat Kejari dan Polres Lamandau, Minta Ganti Rugi Rp10 Ribu

Sementara ini pihaknya  masih mengumpulkan data rencana pemudik dengan menyurati perusahaan-perusahaan yang ada di Lamandau untuk memberikan informasi karyawan yang akan mudik keluar Lamandau.

“Sementara armada belum ada penambahan. Jika melihat tahun 2023 lalu, armada dari perusahaan Bus Damri melakukan penambahan armada mendekati H-3 Lebaran, mudah-mudahan tahun ini akan dilakukan hal yang sama untuk antisipasi lonjakan pemudik,” harapnya. (mex/yit)

 



Pos terkait