Pemain Dunia Kepincut Main di Saudi Pro League

benzema ke liga arab
PINDAH KASTA: Karim Benzema diperkenalkan sebagai pemain anyar Al Ittihad Club, Rabu (7/6). (JORGE FERRARI/AFP)

Radarsampit.com – La Liga sudah tidak sama pamornya ketika Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid pada 2018. Disusul hengkangnya Lionel Messi dari FC Barcelona tiga tahun berselang. Tahun ini La Liga kembali kehilangan Karim Benzema, eks kapten sekaligus bomber Real.

Yang unik, ketiga pemain bisa bersatu di Saudi Pro League (SPL) 2023–2024. Ronaldo yang sudah membela Al Nassr FC sejak paro kedua musim lalu (2022–2023) dipastikan ditemani Benzema yang diresmikan oleh klub juara SPL Al Ittihad Club, Rabu (7/6).

Bacaan Lainnya
Gowes

Benzema meneken kesepakatan kontrak bernilai EUR 200 juta (Rp 3,1 triliun) per musim. Coco –sapaan akrab Benzema– dikontrak selama tiga tahun atau hingga musim panas 2026.

Berbicara dalam momen perkenalannya sebagai pemain baru Al Ittihad, Benzema mengakui bahwa faktor CR7 –julukan Ronaldo– sudah mengarahkannya untuk menjajal kompetisi kasta utama di Arab Saudi.

”Cristiano (Ronaldo) sudah ada di sini. Bagiku, dia adalah teman yang berhasil menunjukkan bahwa sepak bola Arab Saudi mulai maju,” ucap striker 35 tahun berkebangsaan Prancis itu seperti dikutip 90Min.

Baca Juga :  Marquez Bisa Pulih Dalam Dua Pekan

Benzema juga menegaskan misinya untuk membantu Al Ittihad tetap berjaya di SPL musim depan. ”Meski ini merupakan tantangan baru bagiku, aku di sini untuk kemenangan seperti yang selama ini aku lakukan di Eropa,” tegas peraih Ballon d’Or 2022 tersebut.

Benzema tercatat sebagai pemain asing (non-Arab Saudi) kedelapan di Al Ittihad saat ini. Jumlah maksimal pemain asing yang diperbolehkan dalam satu klub SPL. Seiring musim depan kontestan SPL bertambah dari 16 menjadi 18 klub, slot pemain asing otomatis lebih banyak.

Hal itulah yang membuat klub SPL bergerilya memburu pemain top di Eropa. Winger Crystal Palace Wilfried Zaha misalnya. Dia dikabarkan telah menolak perpanjangan kontrak GBP 200 ribu (Rp 3,7 miliar) per pekan demi mempertimbangkan tawaran menarik dari klub CR7, Al Nassr.

Demikian pula gelandang Chelsea N’Golo Kante. Pemenang Piala Dunia 2018 bersama Prancis tersebut diklaim menyusul Benzema ke Al Ittihad. Artinya, The Tigers –julukan Al Ittihad– bakal merombak komposisi delapan pemain asing untuk mengakomodasi Kante.



Pos terkait