Pemanfaatan Lahan untuk Bangkitkan Ekonomi

Bupati Kotim Halikinnor saat panen buah di Desa Sebab
SEMANGKA: Bupati Kotim Halikinnor saat panen buah di Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, beberapa waktu lalu. (Dok. YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seiring melandainya kasus Covid-19, pemerintah daerah berharap lahan-lahan yang tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan ekonomi.

“Lahan-lahan yang tidak produktif kita harapkan bisa jadi lahan produktif. Ini

Bacaan Lainnya

salah satu upaya kita untuk membangkitkan ekonomi,” kata Bupati Kotim Halikinnor.

Pemanfaatan lahan perlu ditingkatkan agar masyarakat lebih sejahtera setelah dua tahun menghadapi pandemi Covid-19.

“Kasus Covid-19 di Kotim sudah turun. Harapan kita, kegiatan sehari-hari sudah mulai berjalan normal dan ekonomi bangkit, sehingga kesejahteraan masyarakat bertambah,” harapnya.

Dengan adanya lahan-lahan produktif di wilayah pedesaan, warga tidak harus mencari lapangan pekerjaan di perkotaan. Pemerintah juga memiliki strategi khusus untuk peningkatan ekonomi ini.

“Kita akan menunjang program-program pusat yang didukung oleh pemerintah daerah. Contoh bantuan alat berat yang mudah-mudahan tahun ini kita bisa bantu untuk 12 kecamatan lagi,” ungkap Halikinnor.

Baca Juga :  Rawan Diselewengkan, Ketua DPRD Kotim Desak Perketat Pengawasan Pupuk Subsidi

Dengan adanya bantuan alat berat akan cepat mengolah lahan pertanian dibandingkan dengan manual. Selain itu juga bantuan bibit, dan peningkatan akses jalan usaha pertanian.

“Kenapa membangun jalan usaha tani? Apa kaitannya dengan ekonomi? Kaitan dengan ekonomi akan membantu kelancaran setiap produksi para petani, banyak hal yang kita lakukan, tapi secara teknis SOPD terkait yang lebih memahami,” tandasnya. (yn/yit)

Pos terkait