Pemilu 2024, DPT Kalteng Bakal Bertambah Jutaan

Komisioner KPU Kalteng, ketika memaparkan penambahan daftar pemilih lanjutan, kemarin.
Komisioner KPU Kalteng, ketika memaparkan penambahan daftar pemilih lanjutan, kemarin. (yusho/radarsampit)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai mempersiapkan berbagai infrastruktur menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum serentak pada bulan Februari 2024. Salah satunya mempersiapkan data pemilih berkelanjutan, sebagai dasar penetapan jumlah pemilih.

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan, berdasarkan data pemutahiran data pemilih perkelanjutan per bulan Mei 2022 tercatat sebanyak 1.713.215 orang. Jumlah  data pemilih terbanyak di Kabupaten Kapuas dan Kotawaringin Timur.

“Sekarang belum penetapan DPT, kalau untuk DPT itu setelah Oktober saat daftar pemilih sementara rampung semua. Maka dari itu tahapan yang saat ini berjalan hanya melakukan rekaputulasi pemilih berkelanjutan sebagai tahapan awal penetapan pemilih,” katanya, Rabu (29/6)

Harmain melanjutkan, data pemilih berkelanjutan akan terus diperbaharui, sehingga belum diputuskan secara pasti Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu yang ada di Kalteng. Sebab pemutahiran data yang dilakukan setiap bulannya bisa saja berkurang ataupun bertambah.

“Nanti tanggal 29 Oktober ketika keluar daftar penduduk potensial pemilihan dari Kementerian Dalam Negeri, maka tahapan selanjutnya adalah pemutahiran data pemilih untuk Pemilu. Jadi sekarang sifatnmya hanya data pemilih berkelanjutan,” ucapnya.

Baca Juga :  Jangan Ada Beking dan Main Uang di Seleksi Komisioner KPU

Lebih lanjut Harmain mengatakan, di sisi lain KPU Provinsi bersama kabupaten dan kota terus menyosialisasikan seluruh tahapan Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Kegiatan itupun dipastikan akan terus berjalan  hingga penetapan DPT dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Hal tersebut dilakukan,  karena masih ada sebagaian masyarakat yang mengira Pemilu yang akan datang hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden. Padahal lanjut Harmain, di bulan yang sama, yakni pada Februari juga dilaksanakan pemilihan calon anggota DPR RI, DPD RI, serta anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Bahkan selanjutnya di bulan November di tahun yang sama juga dilakukan pemilihan, yakni pemilihan kepala daerah gubernur, bupati dan wali kota serentak Se Kalteng,”tandasnya. (sho/gus)



Pos terkait