Pemkab akan Data Lapak Nganggur untuk Ramaikan Lagi Pasar Keramat

pasar
RAPAT: Ratusan pedagang diundang mengikuti pertemuan di Aula Kantor Kecamatan Baamang, Kamis (6/6/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Persoalan keberatan pedagang Pasar Keramat terhadap pedagang ayam di sepanjang Jalan Cristopel Mihing Kelurahan Baamang Tengah dan pedagang sayur dadakan di pinggir Jalan Sukabumi direspons Pemkab Kotim secara bertahap. Sejumlah pedagang diundang untuk menyampaikan keluhannya.

”Kami sudah mengundang 200-an pedagang di Pasar Keramat dan pedagang sayuran yang jualan di atas drainase dan pinggir Jalan Sukabumi, termasuk 13 pedagang ayam,” kata Sufiansyah, Camat Baamang, Jumat (7/6/2024).

Bacaan Lainnya

Dari pertemuan itu, pihaknya bersama perwakilan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kotim telah mendengar semua keluhan dan keinginan pedagang yang berharap agar pedagang liar di pinggir Jalan Sukabumi dan Cristopel Mihing segera ditertibkan.

”Saya sebagai Camat Bamaang tugasnya hanya mengoordinir dan mengumpulkan pedagang. Kami sudah mendengar bersama apa yang dikeluhkan dan diinginkan dan notulen rapat akan kami sampaikan beberapa SOPD terkait. Selanjutnya, pemberian surat teguran dikeluarkan oleh Diskoperindag dan langkah penertiban dilakukan oleh Satpol PP yang berwenang sesuai dengan tupoksinya,” ujar Sufiansyah.

Baca Juga :  Bikin Mewek, Seperti Ini Kisah Pembunuhan Anak Kandung di Sampit

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kotim Zulhaidir mengatakan akan segera memberikan surat teguran kepada pedagang yang berjualan di pinggir Jalan Cristopel Mihing dan Sukabumi.

”Suratnya lagi diproses, segera kami akan berikan surat teguran kepada pedagang liar yang berjualan di pinggir jalan. Kami juga sudah menangkap hasil rapat kemarin. Pada prinsipnya, pedagangnya mau saja ditertibkan, karena sebagian juga punya lapak di pasar, seperti Pasar Al Kamal, jadi mereka akan kembali berjualan di lapaknya. Sedangkan sisanya menunggu kami menginventarisir lapak di dalam Pasar Keramat untuk memastikan jumlah pedagang yang masih berjualan dan akan berjualan di dalam Pasar Keramat,” kata Zulhaidir.

Catatan Radar Sampit, Bangunan lapak ikan di Pasar Keramat pernah diperbaiki pada Agustus 2019 dan telah selesai direnovasi dan ditempati sejak 1 April 2020.



Pos terkait