Pemkab Kobar Susun Arah Kebijakan Pembangunan 2023-2026

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN: Bupati Kobar Hj Nurhidayah memberikan arahan mengenai penyusunan kebijakan pembangunan Kobar tahun 2023-2026 di aula Bappeda. (PROKOM KOBAR/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyusun arah kebijakan pembangunan tahun 2023-2026. Arah kebijakan pembangunan ini disusun melalui kegiatan Orientasi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) yang dilaksanakan pada Rabu (24/11).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda ini dipimpin Bupati dan diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah baik secara luring dan daring. Penyusunan rencana pembangunan ini sesuai arahan Presiden RI dalam Sidang Kabinet Paripurna RPJMN 2020-2024 sekaligus Rancangan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Dalam Inmendagri tersebut disebutkan setiap pemerintah daerah agar menyusun dokumen Perencanaan Pembangunan Menengah Daerah tahun 2023-2026 yang selanjutnya disebut Rencana Pembangunan Daerah (RPD) kabupaten tahun 2023-2026.

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah mengatakan bahwa berdasarkan RPJMD Kobar tahun 2006-2025 terdapat sejumlah permasalahan yang mendesak untuk ditangani pada periode 2023-2026. “Beberapa permasalahan tersebut di antaranya struktur perekonomian daerah kontribusi perekonomian yang masih didominasi oleh sektor pertanian,” katanya.

Bupati meyakini daerah yang maju pada umumnya adalah daerah yang struktur perekonomiannya memiliki perkembangan relatif seimbang antara sektor pertanian, industri, perdagangan, dan jasa. Berangkat dari permasalahan daerah tersebut maka ditetapkanlah visi dan misi pembangunan Kobar periode 2023-2026.

“Adapun rancangan visi daerah yakni Kotawaringin Barat yang aman, maju dan sejahtera, mandiri, demokratis dan berkeadilan,” tegasnya.

Sedangkan misi penyelarasan yang ditetapkan adalah mewujudkan pertanian dalam arti luas yang berorientasi agribisnis untuk pengembangan agroindustri dan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

Mempercepat kecukupan infrastruktur terintegrasi dan komprehensif dalam pembangunan daerah, dengan memperhatikan fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup, mewujudkan masyarakat Kobar yang aman dan demokratis melalui kemitraan antara pemerintah daerah dan masyarakat, mewujudkan tata pemerintahan yang baik, dan mewujudkan masyarakat berkualitas, melalui pendidikan, kesehatan, serta penguatan ketenagakerjaan, keluarga, pemuda dan olahraga.

“Adapun tema pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2023 yaitu akselerasi ekonomi dan sumber daya lokal disertai peningkatan SDM menuju Kotawaringin Barat sejahtera dan mandiri, dengan memprioritaskan pembangunan di bidang pariwisata, pertanian dan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan publik,” terang Bupati. (rin/sla)

Pos terkait