Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin

Air conditioner (AC) kini sudah bukan barang mewah dalam sebuah kendaraan, pasalnya semua kendaraan sekarang sudah disemati perangkat ini yang membuat berkendara lebih nyaman, demikian juga penumpangnya.

Meski begitu, hadirnya AC juga memerlukan berbagai perawatan agar tetap sejuk saat digunakan. Perawatan yang tidak teratur bisa menimbulkan masalah pada AC, seperti tidak bisa lagi menyejukkan ruang kabin dan sekitarnya.

Para pemilik mobil mungkin pernah mengalami masalah sistem pendinginan yang tidak terasa dingin dan hanya keluar angin. Beberapa bahkan pernah mengalami AC yang mengeluarkan suhu panas sehingga ruang dalam kabin terasa sumpek serta tidak nyaman.

Masalah AC mobil tidak dingin biasanya terletak pada mesinnya. Agar mengetahui masalahnya spesifik, mari kita simak delapan penyebab AC tidak dingin ini.

Dalam hal ini, mengutip dari laman resmi milik Auto 2000 pada Kamis, terdapat beberapa aspek yang menyebabkan AC tidak lagi berfungsi memberikan kesejukan para pengendara dan juga penumpang di dalamnya. Berikut:

Freon habis

Agar bisa berfungsi, AC membutuhkan freon. Kalau freon habis, maka bisa dipastikan AC tidak akan dingin dan hanya keluar angin. Oleh karenanya, coba cek freon AC apabila Anda tidak merasakan sensasi dingin di dalam kabin.

Baca Juga :  Terdampak Gangguan, Pelanggan IndiHome Bakal Dapat Kompensasi

Kondensor kotor

Cara kerja kondensor wajib Anda pahami terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Kondensor adalah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor.

Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Untuk mencegah kotornya kondensor, Anda harus rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak menimbulkan penyumbatan.

Kompresor rusak

Kalau misalnya kondensor Anda bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa, maka penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah kompresor.

Pemicunya bisa karena kompresor aus atau rusak. Cirinya adalah sight glass berwarna hitam. Kalau tanda ini muncul, maka itu artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat oleh kotoran.

Pos terkait