Peran Poliklinik Kebun PT HHK-SBE Lindungi Kesehatan Pekerja Perempuan

Kesehatan Kerja Terjamin, Produktivitas Terjaga, Rumah Tangga Bahagia

Peran Poliklinik Kebun PT HHK-SBE Lindungi Kesehatan Pekerja Perempuan
LAYANAN KESEHATAN: Petugas Polibun saat mengecek sampel urine seorang pekerja perempuan bagian semprot chemist agar kehamilan bisa terdeteksi lebih awal, sehingga pekerja lebih aman dari paparan zat kimia.

Haid, kehamilan, melahirkan, dan menyusui merupakan kodrat alamiah perempuan. Tak jarang mereka juga memiliki tanggung jawab pekerjaan dan juga moral terhadap keluarga. Ketika berstatus pekerja perempuan yang ikut membantu penghidupan keluarga, mereka dinilai rentan mengalami masalah kesehatan. Sebab itulah diperlukan perlindungan kesehatan yang berbeda dengan para pekerja pria.

FAUZIANNUR, Sukamara

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

PT Harapan Hibrida Kalbar – Sungai Bila Estate (HHK-SBE) tercatat memiliki lebih kurang 500 pekerja perempuan. Mereka bekerja di berbagai bagian kebun, mulai dari lapangan hingga perkantoran.

Para pekerja perempuan di perusahaan itu mendapat perlakuan khusus terutama dalam perlindungan kesehatan. Poliklinik kebun (Polibun) berperan penting mengawal dan melindungi mereka.

Usia kehamilan Sri Wahyuningsih telah masuk delapan bulan. Salah seorang mandor perawatan replanting kebun sawit itu tak lama lagi akan memasuki masa cuti hamil. Menunggu masuknya masa cuti itu, dia harus tetap bekerja seperti biasa. Sambil bekerja, sembari menjaga kandungan dan janin tetap sehat agar lahir dengan selamat.

Baca Juga :  Standar Ruang Kelas III di RSSI Pangkalan Bun akan Ditingkatkan

Untuk mencapai itu perlu dukungan penuh keluarga, lingkungan, dan perusahaan tempatnya mencari nafkah. Untungnya, di perusahaan tersedia Polibun. Kesehatan ibu muda dan janinnya terpantau secara rutin dengan pelayanan Polibun.

Selain pelayanan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin oleh bidan Polibun, wanita berusia 28 tahun ini juga bisa berkonsultasi kesehatan secara langsung dan kapan pun melalui grup WhatsApp Posyandu dan Ibu Hamil yang dikelola Polibun.

”Saya sangat terbantu dengan grup WA khusus bagi ibu-ibu hamil. Kami bisa menyampaikan keluhan secara langsung tanpa harus datang ke poliklinik. Bidan juga langsung merespons keluhan kami, sehingga merasa lebih nyaman dan tidak merasa khawatir tentang kondisi kehamilan saat bekerja,” cerita Sri Wahyuningsih.

Pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil rutin dilaksanakan setiap bulan di posyandu. Polibun juga menggelar senam ibu hamil. Semua informasi jadwal kegiatan juga disampaikan melalui grup WA, sehingga karyawan mendapatkan informasi yang jelas tentang jadwal pemeriksaan kesehatan maupun tips untuk menjaga kesehatan kehamilan mereka.



Pos terkait