Perekonomian di Wilayah Ini Dinilai Memprihatinkan

Atinita,DPRD Seruyan
Anggota DPRD Seruyan, Atinita

KUALA PEMBUANG- Sulitnya berkembang perekonomian di daerah pemilihan III (Dapil III) kini menjadi keluhan utama masyarakat setempat. Hal ini diungkap oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Atinita.

Menurutnya, dari sisi penghasilan atau pendapatan masyarakat di Dapil III yang meliputi Kecamatan Batu Ampar, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun sangat kurang sekali. Hal  ini dapat dilihat dari andalan mata pencarian masyarakat yang hanya kerja serabutan.

“Perekonomian masyarakat di Dapil III sangat memprihatinkan dan bisa dikatakan sangat terpuruk, hal ini tidak lain karena lapangan kerja bagi masyarakat tidak tersedia,” ujar Atinita.

Dirinya membandingkan, dengan wilayah tengah seperti di Dapil II, dimana untuk perekonomian masyarakatnya cukup baik. Menurutnya di sana banyak perusahaan-perusahaan swasta seperti perkebunan kelapa sawit yang berdiri,sehingga  menjadi wadah bagi masyarakat untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Atinita melanjutkan, untuk wilayah Dapil III sendiri, pemerintah daerah maupun pihak terkait lainnya harus mempunyai upaya-upaya strategis untuk membangkitkan perekonomian masyarakat agar tidak stagnan begitu-begitu saja.

Baca Juga :  Palangka Raya masih PPKM Level 3

Dicontohkannya, dengan memaksimalkan potensi ada di wilayah setempat seperti di bidang pertanian dan perkebunan yang dinilai cukup strategis. “Ambil saja contohnya yang paling potensi itu perkebunan kopi, dari segi perawatan sangat mudah dan hasilnya pun cukup menjanjikan,” imbuhnya.

Meski demikian lanjutnya, walaupun potensi itu ada, masyarakat di sana saat ini tidak dapat menggarapnya secara maksimal. Hal ini dikarenakan terbentur oleh beberapa permasalahan seperti status lahan hutan produksi, permodalan dan sebagainya.

Pos terkait