Perlu Rp 3 Miliar untuk Rumput Stadion

Persiapan Kotim Tuan Rumah Porprov

Dispora Kotim,Stadion 29 November Sampit
Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung, Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi, dan jajaran dalam salah satu kegiatan olahraga di arena voli Indoor, belum lama tadi. (dok.yuni/radarsampit)

SAMPIT-Perbaikan Stadion 29 November Sampit menjadi salah satu usulan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

“Dari kemenpora kita usulkan perbaikan Stadion 29 November Sampit,” kata Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung baru-baru tadi.

Dijelaskannya, pertengahan tahun 2023 mendatang akan digelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dimana Kotim menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut. Namun fasilitas, sarana dan prasarana cabang olahraga (Cabor M) yang nantinya akan dipertandingkan masih banyak yang kurang. Bahkan ada fasilitas cabor yang belum ada sama sekali. Sehingga Dispora setempat mengupayakan agar fasilitas, sarana dan prasarana guna mendukung Porprov dapat tersedia.

“Fasilitas yang akan diutamakan diperbaiki adalah stadion, agar berstandar nasional,” tukas Wim.

Ia melanjutkan,  di tahun yang akan datang pihaknya juga menganggarkan untuk membenahi rumput stadion yang menelan anggaran sebesar Rp 3 Miliar. “Kolam renang dan panahan sudah kami siapkan lahannya yaitu dibelakang voli indoor,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Wim,dari Kemenpora nantinya gedung olahraga voli indoor juga akan diubah jadi lapangan futsal, hal ini agar fasilitas tersebut dapat benar-benar digunakan.

Baca Juga :  Banjir Ancam Kota Palangka Raya

Selain itu, untuk dana hibah dari Kemenpora harapan pihaknya sudah berusaha diusulkan melalui Bupati Kotim Halikinnor, yang beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, agar dana itu bisa meluncur dari Menpora pada tahun 2022 dan 2023 untuk pelaksanaan Porprov.

Sebelumnya,  Wim juga telah menyampaikan untuk perbaikan fasilitas sarana dan prasarana sejumlah cabor di Kotim. Pihaknya telah usulkan dana sharing dengan pihak Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebesar Rp 40 miliar.

Terkait hal ini bahkan pihaknya sudah membuat surat kepada Gubernur Kalteng melalui Dispora Provinsi Kalteng. Diharapkan usulan tersebut segera diverifikasi oleh Pemprov, agar bisa digunakan untuk perbaikan fasilitas olahraga di Kotim. (yn/gus)

Pos terkait