Perlu Wakil Rakyat Lebih Banyak, Dapil V Kotim Sepakat Penambahan Kursi

pemilu grafis 1 560x413
Ilustrasi. (jawapos.com)

SAMPIT, radarsampit.com – Bertambahnya jatah kursi daerah pemilihan V Kabupaten Kotawaringin Timur dinilai sebagai keputusan yang tepat. Hal itu sangat berarti bagi masyarakat di wilayah tersebut, yang meliputi Kecamatan Parenggean, Mentaya Hulu, Bukit Santuai, Telaga Antang, Antang Kalang, dan Tualan Hulu.

”Kami sebagai masyarakat dapil V menyambut baik penambahan kursi di dapil kami. Dengan begitu, wakil kami yang duduk di DPRD Kotim akan bertambah menjadi sembilan orang. Ini sangat berarti untuk daerah pemilihan kami,” kata Suparjo, salah satu tokoh muda daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Suparjo, luas wilayah dapil V hampir separuh luasan Kotim. Karena itu, sudah selayaknya memiliki wakil paling banyak di DPRD Kotim. ”Bayangkan, enam kecamatan ada di dapil V dengan luasan yang separuh Kotim. Sayangnya, penentuan jumlah kursi ini berdasarkan rasio jumlah penduduk. Seandainya secara luas wilayah, mungkin dapil V seharusnya dijatah 15 kursi,” ujar politikus Nasdem.

Menurut Suparjo, dapil V perlu banyak wakil untuk memperjuangkan wilayah pelosok. Jika dibandingkan dapil lain, dapil V merupakan wilayah tertinggal dan banyak desa yang terisolir.

Baca Juga :  Berbulan-bulan Atap Bangunan SMPN 4 Kotabesi Belum Diperbaiki

”Nah, di situlah wakil dapil V ini harus berani memperjuangkannya. Setidaknya, melalui program aspirasi mereka bisa membangun daerahnya. Ditambah lagi dengan program reguler. Tergantung bagaimana adu argumentasi di DPRD Kotim saja untuk menarik anggaran sebesar-besarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotim Agus Tripurna Tangkasiang menanggapi adanya perubahan data penduduk yang membuat jatah kursi dapil III dan V Kotim berubah. Pengurangan atau pertambahan jumlah penduduk dapat terjadi karena migrasi atau perpindahan domisili penduduk dari daerah asal ke daerah baru, sehingga memengaruhi jumlah penduduk wilayah tersebut.

”Perpindahan penduduk bisa antardesa dalam satu kecamatan atau antardesa antar kecamatan dalam kabupaten yang sama di Kotim,” kata Agus.

Berdasarkan data penduduk Kotim semester 1 tahun 2022 tercatat jumlah penduduk Kotim sebanyak 417.500 jiwa yang tersebar di 17 kecamatan se-Kotim. Secara rinci, penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 215.352 jiwa dan penduduk Kotim berjenis kelamin perempuan sebanyak 202.157 jiwa.

Pos terkait