Puluhan Bintara Remaja Polri Ikuti Tradisi Penyambutan di Polres Gumas

bintara polisi
SIRAM BUNGA : Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa didampingi Wakapolres Kompol Tri Wibowo menyambut personel bintara remaja dengan tradisi siram bunga di halaman Mapolres Gumas, Jumat (26/1/2024). (HUMAS POLRES GUNUNG MAS FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Sebanyak 21 bintara remaja yang baru lulus dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) mengikuti tradisi penyambutan maupun pembinaan.

Mereka merupakan personel yang mendapatkan penempatan dan penugasan di Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas (Gumas).

Bacaan Lainnya

“Tradisi penyambutan bintara remaja bertujuan untuk mengenalkan mereka kepada personel polres, serta memberikan motivasi dan semangat untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa, Jumat (26/1/2024).

Dalam tradisi penyambutan itu, lanjut dia, bintara remaja harus berjalan kaki puluhan kilometer ke Mapolres Gumas. Sesampainya di polres, berlanjut dengan mengikuti tradisi siraman bunga sebagai simbol pensucian dan pemberian berkah.

“Tradisi siraman bunga melambangkan kebersihan, kesucian, dan kesegaran. Semoga bintara remaja dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjadi polisi yang bermoral, berintegritas, dan berprestasi,” tuturnya.

Baca Juga :  Diduga Cemari Sungai, Pabrik PT BMB di Gunung Mas Disegel

Dia mengatakan, ke 21 bintara remaja itu terdiri dari empat orang angkatan 48, delapan orang angkatan 49, serta sembilan orang dan satu orang polwan angkatan 50. Mereka juga mendapatkan sambutan hangat dari para personel polres yang memberikan ucapan selamat.

“Selamat datang di Polres Gumas kepada bintara remaja yang berhasil menyelesaikan pendidikan di SPN. Mereka harus menjadi polisi yang profesional, proporsional dan humanis,” terangnya.

Sebagai generasi penerus Polri, kata dia, harus siap menghadapi tantangan dan perubahan zaman, memiliki integritas, loyalitas dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas, serta menjunjung kode etik dan menjaga kehormatan Polri.

“Berikan contoh dan teladan serta menjadi mitra dan sehabat bagi masyarakat. Harus berani dan tegas dalam menegakkan hukum serta melawan segala bentuk kejahatan dan gangguan kamtibmas,” tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan bintara remaja untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran fisik serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam bidang kepolisian. Selanjutnya bersikap sopan, santun, dan ramah kepada masyarakat, hingga menjalin kerjasama dan sinergi dengan instansi terkait.



Pos terkait