Raih Medali Emas Perdana, Tim Dayung Kalteng Diguyur Bonus Ratusan Juta

EMAS PERDANA: Tim dayung Kalteng meraih emas pada kategori Dayung Mix Team Traditional Boat Race 1.000 meter di PON XX Papua, Selasa (12/10). (IST/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Kerja keras dan perjuangan tim atlet dayung Kalteng dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papuas berbuah manis. Cabang olahraga tersebut berhasil mempersembahkan medali emas perdana untuk Bumi Tambun Bungai pada kategori  Dayung Mix Team Traditional Boat Race 1.000 meter, Selasa (12/10).

Keberhasilan itu juga sekaligus mengakhiri dominasi tim Jawa Barat yang selalu menghambat kontingen Kalteng meraih emas pada cabor tersebut. Raihan medali emas itu, membuat Kalteng kini mengoleksi sepuluh medali, yakni emas, lima perak, dan empat perunggu. Medali itu diperoleh dari cabor panahan, atletik, dayung, dan catur.

Bacaan Lainnya

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng Christian Sancho mengaku sangat terharu dan bangga atas raihan emas pertama bagi kontingen Kalteng. Hasil positif itu membuatnya optimistis Kalteng kembali berjaya pada dua kategori lainnya pada cabor dayung.

”Saya sangat bangga dengan perjuangan seluruh atlet, akhirnya kita bisa raih emas,” ujarnya melalui sambungan seluler.

Sancho menuturkan, medali emas berhasil diraih setelah beberapa kali pertandingan selalu digagalkan tim Jawa Barat. ”Kita buktikan Kalteng bisa raih emas. Medali ini dipersembahan untuk masyarakat Kalteng,” ujarnya.

Dia melanjutkan, raihan emas itu membuktikan cabor dayung merupakan salah satu kebanggaan Kalteng. Peluang menambah pundi emas masih terbuka melalui dua cabor di nomor 200 dan 500 meter pada babak penentuan.

Sancho berharap atlet dayung Kalteng kembali mendapatkan hasil luar biasa untuk menambah koleksi emas Kalteng. Meski telah melalui pertarungan berat meraih emas, kondisi atlet dayung  masih stabil.

”Memang agak kelelahan, apalagi tadi mengejar perolehan emas. Namun, mereka masih semangat kembali merebut medali emas. Saya sudah minta pelatih untuk terus semangat,” katanya.

Perjuangan tim dayung tersebut langsung disambut positif Pemerintah Provinsi dan KONI Kalteng. Dua lembaga itu memberikan bonus uang Rp110 juta untuk atlet yang meraih emas tersebut. Hal tersebut diberikan agar memacu semangat mereka dalam pencapaian terbaik dalam gelanggang tersebut.

”Kami tadi ada telepon dengan Pak Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran, Anggota DPR RI untuk rencana pemberian bonus. Intinya, Pemprov dan KONI memberikan bonus untuk mereka yang meraih emas,” kata Sancho. (daq/ign)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *