Segini Pentingnya Peran Media Massa dalam Pemilu 2024

sosialisasi pemilu
SOSIALISASI: Bawaslu Kalteng membuka sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Kamis (29/9). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Peran media massa dinilai sangat penting dalam menghadapi Pemilu 2024. Pasalnya, akan banyak hal yang disampaikan pada masyarakat. Tidak hanya dalam pengawasan berbagai tahapan pemilu, tetapi juga pelanggaran dan potensi lain yang bisa mengganggu kelancaran pesta demokrasi tersebut.

Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi mengatakan, selain memberikan informasi kepada masyarakat, media massa juga bisa menangkal berbagai pemberitaan maupun isu SARA dan hoaks.

Bacaan Lainnya

”Tahapan pemilu sudah berjalan. Tak bisa dimungkiri, banyak hal akan dihadapi dalam pemilu mendatang. Bawaslu sangat terbatas dalam sosialisasi kegiatan, apalagi menjangkau Kalteng. Makanya peran media penting,” ujarnya.

Satriadi menambahkan, minimnya sumber daya manusia (SDM) Bawaslu Kalteng saat ini, berdampak besar terhadap kurang optimalnya menyampaikan informasi terkait proses Pemilu 2024 kepada masyarakat.

Untuk itu, dengan adanya partisipasi media, diharapkan masyarakat memahami dan mengetahui informasi tentang pemilu yang berimbas pada meningkatnya partisipasi masyarakat. Baik partisipasi untuk terlibat langsung dalam proses demokrasi, juga saling mengawasi proses pelaksanaan demokrasi.

Baca Juga :  Aksi Pukul Oknum ASN Berlanjut ke Polisi

”Hal yang dihasilkan tentunya demokrasi kita di Kalteng akan semakin berkualitas. Hak dan suara masyarakat pun tersampaikan dan tersalurkan secara baik dan optimal. Saya ingin meningkatkan partisipasi masyarakat. Agar demokrasi semakin berkualitas, sehingga hak masyarakat disuarakan,” ujarnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kalteng Siti Wahidah menekankan, media merupakan sahabat Bawaslu. ”Harapan Bawaslu, media selalu memberitakan benar dan tidak mempropaganda masyarakat. Apa yang dilakukan Bawaslu sebagai pengawas pemilu akan dijalankan secara optimal,” ujarnya. (daq/ign)

Pos terkait