Sekda Seruyan Dorong Tingkatkan Kerja Sama untuk Dongkrak PAD 

sekda seruyan dorong tingkatkan kerja sama dongkrak PAD,PAD Seruyan,seruyan,sekda seruyan
Ilustrasi. (net)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Djainu’ddin Noor mengatakan untuk meningkatkan PAD diperlukan kerja sama semua pihak terutama Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Camat, Kepala Desa (kades) dan instansi vertikal lainnya.

”Kami telah bekerjasama dengan berbagai instansi di antaranya Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) guna peningkatan PAD dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),” katanya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, PAD yang merupakan gambaran potensi keuangan daerah pada umumnya mengandalkan unsur pajak dan retribusi daerah.

Sementara itu, disadari bersama bahwa sektor pajak dan retribusi daerah belum merupakan penyumbang terbesar dalam pendapatan daerah.

Ia menyebut bahwa belum lama ini telah terbentuk Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) dan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Seruyan dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada September 2022 lalu, memberikan harapan baru terhadap peningkatan penerimaan daerah. (hen/sla)



Baca Juga :  Kebakaran Lahan Dekat Pemukiman Bikin Panik Warga

Pos terkait