Senin Lusa, Bupati Kotim akan Melantik 81 Kepala Desa

persiapan pelantikan
PERSIAPAN PELANTIKAN : Kepala DPMD Kotim Raihansyah berfoto bersama kades terpilih dalam rangka rapat persiapan pelantikan kades, Jumat (8/12/2023). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotim akan menggelar pelantikan 81 kepala desa (kades) pada Senin (11/12/2023). Puluhan kades terpilih ini hasil dari pemilihan kepala desa serentak pada 23 September 2023 lalu di 76 desa dan ditambah tiga penjabat (Pj) kades dan dua hasil pilkades antar waktu (PAW).

“Hari ini kami telah melaksanakan persiapan pelantikan 81 kades. Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades sudah berjalan sukses di 76 desa dan ada tiga Pj Kades dan dua PAW yang juga akan dilantik Senin depan sehingga totalnya menjadi 81 kepala desa,” kata Raihansyah, Kepala DMPD Kotim, Jumat (8/12/2023).

Bacaan Lainnya

Pelantikan 81 kades tahun 2023 ini akan menjadi sejarah terbesar di Kabupaten Kotim. Untuk itu, DPMD Kotim melakukan rapat persiapan yang dihadiri kepala desa terpilih yang nantinya akan dilantik. “Rapat persiapan ini berkaitan dengan persiapan pelantikan, arahan posisi dan pembagian atribut kades yang akan digunakan saat pelantikan. Untuk lebih mematangkan pelaksanaan pelantikan, Sabtu besok akan dilaksanakan gladi resik di halaman kantor pemda,” kata Raihansyah.

Baca Juga :  Nekat Lintasi Jalur Sempit, Raksasa Jalanan Masuk Parit

Sebelum prosesi pelantikan kades pada 11 Desember 2023, puluhan kades akan berkumpul di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kotim dan selanjutnya seluruh kades yang akan dilantik akan melakukan kirab (berjalan beriringan) dari Rujab Bupati Kotim Jalan Jenderal Ahmad Yani menuju Kantor Pemkab Kotim Jalan Jenderal Sudirman dengan jarak tempuh sekitar 400 meter.

“Sebelum dilantik, semua kades terpilih kumpul di Rujab Bupati Kotim, kita berdoa selamat bersama, sarapan, baru kemudian kirab dari rujab menuju halaman pemda. Pelantikan ini akan dilaksanakan terbesar sepanjang sejarah Kotim. Yang sebelumnya dilantik ada 77 kades, kemudian 48 kades dan tahun 2023 ini 81 kades yang akan dilantik,” ujarnya.

Kirab juga akan dimeriahkan pertunjukan seni budaya seperti drum band, tarian khas daerah. Selain tim seni yang disiapkan panitia, juga ada beberapa tim seni yang dibawa oleh kepala desa untuk ditampilkan.



Pos terkait