SIAP-SIAP!!! Pembuang Sampah Sembarangan Bakal Disanksi Adat

Camat MB Ketapang Eddy Hidayat Setiadi mendampingi Wabup Kotim Irawati dan Kepala DLH Kotim
MENINJAU: Camat MB Ketapang Eddy Hidayat Setiadi mendampingi Wabup Kotim Irawati dan Kepala DLH Kotim saat meninjau kegiatan membersihkan sampah di Jalan Pelita Barat, belum lama tadi. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), ingin melibatkan lurah setempat serta damang dan mantir untuk mencari solusi penanganan sampah. Bahkan, sanksi hukum adat bagi yang kedapatan membuang sampah di sembarang tempat menjadi salah satu solusi yang akan dirumuskan bersama.

”Mungkin kami akan rapatkan, untuk mencari solusi kira-kira seperti apa untuk menangani permasalahan sampah di wilayah ini. Nanti kami rumuskan apakah nanti yang tertangkap tangan membuang sampah akan dikenakan sanksi adat. Nanti hal ini akan kami rumuskan bersama,” kata Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat.

Bacaan Lainnya

Wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang merupakan kecamatan di wilayah Kota Sampit dengan jumlah penduduk terbanyak dari kabupaten lainnya di Kotim. Meski sudah tersedia depo sampah di beberapa titik, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di depo masih sangat rendah.

Masyarakat yang malas membuang sampah cenderung akan membuang di lahan kosong di pinggir jalan. Bahkan, seperti yang terjadi di Jalan Pelita Barat belum lama tadi, pemilik lahan keberatan, karena lahannya dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, warga tersebut protes dan menghamburkan sampah-sampah ke tengah jalan.

Baca Juga :  Masih Ada Warga Sampit yang Tak Tahu Malu

Polemik permasalahan sampah seperti ini bukanlah hal mudah untuk diatasi. Sebab, pada akhirnya pihak kecamatan, kelurahan, bersama dinas terkait turun langsung untuk membersihkan sampah tersebut. Tindakan ini hanya menjadi solusi sementara untuk membersihkan sampah yang berserakan hingga ke jalan. Namun, tidak membuat efek jera. Masyarakat justru keenakan karena sampah yang dibuang sembarangan akan dibersihkan oleh pihak terkait.

Pos terkait