Sopir dan Kru Bus Angkutan Penumpang Jalani Tes Urine

bus
Personel Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat saat melaksanakan kegiatan pengecekan kendaraan angkut lebaran di Terminal Natai Suka Pangkalan Bun, belum lama ini.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Sopir dan kru angkutan penumpang di terminal Natai Suka, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di tes urine.

Tes urine dilakukan untuk memastikan saat membawa kendaraan para sopir tidak dalam pengaruh narkotika.

Bacaan Lainnya

Selain dilakukan tes urine, kendaraan angkutan juga dilakukan pengecekan, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat dan UPT Terminal Natai Suka itu juga menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) dan Satlantas Polres Kobar.

“Kegiatan ramp check dan tes urine para sopir angkutan dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang mudik pada angkutan Lebaran 1445 Hijriah,” terang Kepala Bidang Lalu Lintas dan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Kobar Nur Soleh.

Pemeriksaan teknis laik jalan dilakukan pada empat unit kendaraan penumpang jenis bus sebelum keberangkatan, bus-bus tersebut bertolak dengan tujuan Pangkalan Bun Sampit – Palangka Raya.

Baca Juga :  Antrean Sempat Mengular di Jalan ke Kolam

Menurut Nur Soleh, pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan teknis laik jalan kendaraan dan dokumen trayek oleh personel Dishub.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen atau surat kendaraan dan sopir oleh personel Satlantas Polres Kobar.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dwi Wijaya yang juga hadir pada giat ramp check melaporkan bahwa empat unit bus telah dilakukan pemeriksaan teknis laik jalan.

“Keempat unit bus telah dilakukan pengecekan langsung dan kondisi kendaraan seperti rem, lampu, ban, dan lainnya dalam keadaan baik dan laik jalan, serta kelengkapan-kelengkapan emergency pada kendaraan seperti APAR, palu pemecah kaca, dan P3K juga tersedia,” jelas Dwi Wijaya.

Selain melakukan pemeriksaan teknis laik jalan dan dokumen kendaraan, pada giat tersebut juga dilakukan pemeriksaan urine pada awak kendaraan yakni sopir berserta kru oleh pihak BNNK Kobar.

Personel pemeriksa urine dari BNNK Kobar melaporkan bahwa hasil tes urine  awak kendaraan yaitu sopir dan kru dari 4 unit bus yang berangkat, menunjukkan hasil negatif dari kandungan narkotika. (tyo/yit)



Pos terkait