Tegaskan Puntung Rokok Bisa Picu Karhutla

Minta Warga Tak Bakar Lahan saat Cuaca Panas

karhutla gambut
RAWAN TERBAKAR: Relawan pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan karhutla gambut di kawasan Jalan Karanggan Ujung, Palangka Raya, Sabtu (4/3) lalu. (ANTARA FOTO/MAKNA ZAEZAR/FOC)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta warga tidak membakar lahan secara sembarangan saat suhu panas cukup tinggi seperti sekarang. Hal itu penting guna mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya Heri Fauzi di Palangka Raya, Jumat, mengatakan warga harus mengikuti surat edaran (SE) wali kota agar memahami saat cuaca panas seperti ini tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bacaan Lainnya

“Untuk mencegah terjadinya karhutla di saat cuaca panas mencapai 35 derajat Celcius ini, maka warga harus berhati-hati dalam menggunakan api salah satunya puntung rokok yang bisa menjadi penyebab karhutla apabila dibuang sembarangan,” katanya.

BPBD Kota Palangka Raya juga menyiapkan draf terkait dengan siaga karhutla sehingga dengan adanya imbauan karhutla tersebut pemerintah serta swasta bisa siaga ketika terjadi karhutla di sekitar wilayahnya.

Baca Juga :  ASTAGA!!! Insentif Ketua RT/RW Menunggak

Ia menegaskan dari lima kecamatan di daerah setempat, wilayah yang patut diwaspadai dan sering menjadi langganan karhutla karena cukup luas, yakni Kecamatan Jekan Raya, Pahandut, Sabangau dan Bukit Batu, sedangkan untuk Kecamatan Rakumpit tidak terlalu rawan.

“Agar karhutla tidak terjadi pada kondisi cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini adalah peran camat dan lurah sangat diandalkan untuk menyosialisasikan terkait warga tidak membuka lahan dengan cara membakar karena bisa menyebabkan karhutla apabila tidak dikelola dengan baik,” katanya.

Mantan Lurah Bukit Tunggal itu, menambahkan agar bencana karhutla tidak melanda wilayah ‘Kota Cantik” –julukan Palangka Raya– personel BPBD setempat juga menggencarkan patroli di sejumlah wilayah yang dianggap rawan karhutla.

Bahkan, tim BPBD juga gencar menyosialisasikan terkait dengan bahaya karhutla kepada masyarakat secara langsung maupun bersama anggota bhabinkamtibmas dan babinsa di setiap kelurahan.

“Insyaallah apabila semua instansi serta masyarakat terlibat dalam kepedulian pencegahan karhutla, maka tahun ini bencana karhutla yang bisa membuat resah daerah tidak akan terjadi,” katanya.

Pos terkait