Tips Merawat Helm

Tips Merawat Helm

Helm merupakan salah satu perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara terutama kendaraan roda dua. Helm saat ini sudah wajib SNI atau Standar Nasional Indonesia. Hal tersebut agar membuat para pengendara lebih aman saat berkendara.

Helm kini juga tidak hanya menjadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara, namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya saat di jalanan, serta menambah rasa percaya diri.

Oleh sebab itu kali ini Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh (Lampung) memberikan tips cara merawat helm agar awet dan para bikers selalu tampil percaya diri saat memakainya.

Jangan Taruh Helm Sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, hal tersebut agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh. Anda bisa menyimpannya di tas helm, lalu membawanya bersama Anda atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor serta Anda dapat masukkan di bagasi motor agar helm selalu aman baik dari hujan ataupun orang yang hendak mencuri.

Baca Juga :  Musim Hujan Banyak Terjadi Aquaplaning Saat Berkendara

Bagi yang tidak menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya menyimpan helm dengan rapi. Kamu bisa menutupnya dengan kain atau dengan cara dibungkus. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di sana.

Hindari Menggunakan Helm saat Rambut Basah

Sering di antara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu-buru. Anda harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek.
Terlebih jika Anda menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

Apabila Anda ingin menjaga supaya helm tidak bau dan tetap wangi, coba gunakan shower cap tipis saat Anda sedang memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.



Pos terkait