Tips Merawat Kaliper Rem Sepeda Motor

tips merwat rem cakram sepeda motor
Ilustrasi

RadarSampit.com – Kaliper rem merupakan salah satu komponen yang penting pada semua jenis kendaraan yang menggunakan mekanisme pengereman dengan cakram. Termasuk sepeda motor.

Kaliper memegang fungsi penting sebagai mekanis atau penggerak sistem rem cakram. Karena itu, pengendara perlu melakukan perawatan kaliper rem, agar mendukung sistem pengereman motor. Sehingga turut menjaga keselamatan berkendara.

Karena perannya yang vital dalam proses pengereman, perawatan komponen ini juga sangat penting. Kalau rusak, bisa celaka, berikut tips perawatan kaliper rem dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu):

Cek jalur masuk minyak rem

Pertama, pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau yang merembes pada jalur minyak rem. Karena jika terdapat kebocoran, rem tidak berfungsi dengan maksimal. Serta membahayakan pengendara ataupun orang lain.

Kampas rem

Kedua, pastikan untuk selalu rutin mengecek kondisi ketebalan kampas rem. Jangan sampai melebihi batas aman dengan cara melihat cukup dekat ke bagian kaliper rem.

Sebagai acuan, direkomendasikan untuk mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau setiap satu kali dalam setahun. Atau gampangnya, kalau sudah berasa habis dan bergetar sampai ke tangan, segera ganti.

Baca Juga :  Tips Merawat Komponen CVT Sepeda Motor Matik

Ingat juga untuk selalu rutin menjaga kebersihan dan komponen pada kaliper, untuk merawatnya anda bisa menggunakan air yang bertekanan cukup, agar debu dan kotoran bisa hilang.

Rutin service berkala

Terakhir dan paling penting, jangan pelit. Lakukan perawatan rem cakram motor secara rutin minimal satu kali dalam sebulan, untuk mendapatkan manfaat dan fungsi yang maksimal dan pastinya keselamatan Anda nomor satu.

 

Sumber: JawaPos.com

Pos terkait