Ular Piton 4 Meter Gegerkan Warga Palangka Raya

ular piton
EVAKUASI ULAR : Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya mengevakuasi ular piton di rumah warga, Selasa (4/6/2024) malam. ISTIMEWA/RADAR PALANGKA

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Warga Jalan Tjilik Riwut kilometer 17, Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya digemparkan dengan kemunculan ular berbahaya jenis piton, Selasa (4/6/2024) malam.

Ular dengan panjang 4,5 meter  lebih, berat puluhan kilo dan besar 4 inci tersebut masuk ke rumah warga. Kejadian ini membuat heboh lantaran baru pertama kali terjadi.

Bacaan Lainnya

Sebelum berhasil diamankan Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya.

Petugas sempat kewalahan evakuasi ular dengan membutuhkan waktu 1 jam, sempat terjadi tarik menarik antara ular piton dan petugas untuk dievakuasi agar terlepas dari lilitan di rusuk lantai rumah sampai akhirnya berhasil.

Komandan Rescue Damkar Kota Palangka Raya Sucipto mengatakan, bahwa kemunculan piton ini menjadi sejarah terbesar timnya melakukan evakuasi ular selama ini.

“Satu jam baru berhasil dievakuasi, Itu ular paling terbesar selama ini yang kami amankan. Luar biasa melelahkan, lilitannya kuat sekali,” ujar Sucipto, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga :  Putra Itah Bersama Gelar Operasi Pasar Elpiji Subsidi

Sucipto menyebutkan bahwa evakuasi dilakukan setelah tim Rescue Damkar menindaklanjuti laporan  warga. Disebutkan ada ular piton mengeluarkan kepalanya melewati celah lantai kayu papan rumah panggung.

Diduga ular dengan lilitan ganas itu mengincar kucing yang sedang duduk di atas lantai papan dari kayu. Namun tidak sempat menyambar kucing karena hewan itu langsung menghindar dan melakukan perlawanan.

Lalu, kucing mengeluarkan suara untuk melakukan perlawanan. Lantaran terdengar suara kucing, pemilih rumah  mendatangi sumber suara, melihat apakah kucing mau berkelahi.

“Namun saat mendekati kucing, langsung terlihat kepala ular piton yang menampakkan dari celah lantai papan,” terang Sucipto.

Kemudian, kata Sucipto, ular sempat menghilang arah ke bawah lantai rumah panggung. Karena tak ingin terjadi hal-hal tak diinginkan, pemilik rumah langsung menghubungi Tim Rescue. “Setelah itu melakukan pencarian dengan membagi dua tim,” sebutnya.

Setelah lama pencaharian dari bawah lantai rumah panggung  terdengar suara dan terlihat, ular sedang melilit di kolong rumah panggung. Tak ingin buruan lepas, petugas langsung menangkap bagian ekor.



Pos terkait